Balangan Raih Prestasi Gemilang di Event Aruh Balogo Tahun 2023

JUARA: Kabupaten Balangan berhasil menyita perhatian dengan perolehan medali yang mengesankan, mengukir prestasi sebagai juara umum - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Kabupaten Balangan sukses besar menjadi tuan rumah ARUH BALOGO PROVINSI (ARBALPROV) I Kalimantan Selatan tahun 2023. 

Acara yang diselenggarakan oleh Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) Kabupaten Balangan di wahana olahraga tapian lapangan tenis kecamatan Paringin berlangsung meriah selama dua hari, dari tanggal 2 hingga 3 Desember 2023.

BACA JUGA: UPZ Bank Kalsel Bantu 100 Mahasiswa Uniska Beasiswa Senilai Rp 200 Juta

Pertandingan ini diikuti oleh 644 peserta dari sekitar 12 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan, menjadikan ARBALPROV I sebagai salah satu event olahraga terbesar di wilayah tersebut. Kabupaten Balangan berhasil menyita perhatian dengan perolehan medali yang mengesankan, mengukir prestasi sebagai juara umum.

Dengan torehan 4 emas, 3 perak, dan 3 perunggu, Balangan berhasil menduduki posisi puncak. Sementara itu, Tabalong meraih juara kedua dengan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu, diikuti oleh Hulu Sungai Tengah sebagai juara ketiga dengan 1 emas dan 1 perunggu.

Muhammad Fuad Ridha, Sekretaris Jenderal GOBI Nasional, menyatakan kebanggaannya atas suksesnya ARBALPROV I Kalimantan Selatan 2023. 


"Saya mengucapkan selamat kepada Kabupaten Balangan yang tidak hanya sukses sebagai tuan rumah pertama, tetapi juga berhasil meraih prestasi sebagai juara umum dalam event resmi GOBI ini," ujarnya.


Dalam konferensi pers setelah acara, diputuskan dalam rapat pleno yang dipimpin oleh H. Suwardi Sarlan, S.Ag., Ketua Umum Pengurus Provinsi GOBI Kalimantan Selatan, bahwa ARBALPROV II tahun 2024 akan diselenggarakan di Kabupaten Tanah Bumbu. Sementara itu, ARBALPROV III tahun 2025 akan menjadi milik Kabupaten Kotabaru. Kabupaten pemenang untuk ARBALPROV IV akan ditentukan melalui musyawarah pada ARBALPROV II tahun 2024 di Tanah Bumbu.

Pada ARBALPROV II tahun 2024, akan ditambahkan permainan pakem Asli Balogo sebagai nomor permainan wajib yang akan selalu dipertandingkan dalam setiap ARBALPROV. Keputusan ini bertujuan untuk memperkaya variasi acara dan mempertahankan tradisi olahraga Balogo yang kaya budaya.

BACA JUGA: Dubes Palestina Minta Dukungan Warga Banjarmasin

Semua peserta dan pihak yang terlibat dalam ARBALPROV I Kalimantan Selatan 2023 diharapkan dapat mempertahankan semangat sportivitas dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut ARBALPROV II tahun 2024 di Kabupaten Tanah Bumbu. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama