Tingkatkan SDM, Pemkab Balangan Fasilitasi Berbagai Pelatihan Bersertifikasi

PELEPASAN: Bupati Balangan, H Abdul Hadi melepas para peserta pelatihan - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN – Komitmen pemerintah daerah Balangan dalam rangka memajukan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia kembali terlihat.

Terbaru Pemkab Balangan memfasilitasi dengan mengikut sertakan kurang lebih sekitar 1.609 peserta dari beberapa bidang pelatihan diantaranya pelatihan Operator Sarana dan Alat Berat, Sertifikasi Tenaga Kerja Berstandar Perusahaan (BNSP), pelatihan dan sertifikasi Teknik Pertambangan, Teknik Alat Berat, Bidang Teknologi Informasi, Pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja Cleaning Service, pelatihan, sertifikasi, dan penempatan tenaga Securit.

BACA JUGA: Tuan Rumah ICCF, Banjarmasin Fasilitasi Karya Pelaku Ekraf Se-Indonesia

Pada kesempatan tersebut Bupati Balangan mengatakan, Pemkab Balangan selalu mensupport terhadap upaya mencetak dan memupuk SDM yang terampil, gigih, dan bersemangat dalam mengembangkan diri. 


"Karena kami menilai pentingnya kualitas SDM produktif dalam menghadapi bonus demografi dan mencapai kemakmuran bagi masyarakat Balangan dan Indonesia,"ata Bupati saat sambutan pelepasan peserta pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja yang digelar oleh Pemkab Balangan melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (DPMPTSP, Nakertrans), di Halaman Kantor Bupati Balangan, Kecamatan Paringin Selatan, Selasa (24/10/2023).


Bupati menekankan bahwa program ini merupakan peluang usaha dan peluang menciptakan lapangan kerja yang besar bagi masyarakat yang berani berusaha didaerah. 

"Kami berharap agar masyarakat Balangan dapat bekerja dan meraih kemakmuran ekonomi di kampung halaman mereka dengan keterampilan, kecakapan, wawasan, dan sikap yang memadai, "harapnya. 

BACA JUGA: Bertandang Langsung ke Pabriknya, Wartawan Asal Kalsel Ini Makin Yakin Dengan Kualitas Rangka Motor Yamaha

Sementara itu, Kepala DPMPTSP, Nakertrans Balangan, Akhriani, menjelaskan ada beberapa kegiatan pelatihan sudah selesai dilaksanakan, termasuk Security, Operator Sarana Roda 4, Teknologi Informasi, Alat Berat, dan Pertambangan. 

"Sedangkan kegiatan pelatihan seperti Operator Excavator, Operator Bulldozer, Operator Mini HD, dan sertifikasi tenaga kerja berstandar perusahaan masih berlangsung. Adapun pelatihan Operator Tronton Roda 10, Cleaning Service, dan produktivitas UMKM akan segera dilaksanakan, "jelasnya. 

"Sumber dana untuk program ini bersumber dari APBD Perubahan tahun 2023, kegiatan ini menunjukkan komitmen serius Pemkab Balangan dalam meningkatkan kualitas SDM untuk mendukung pertumbuhan dan kemakmuran wilayah tersebut," tambahnya. (rza/ak)

Lebih baru Lebih lama