Bersyukur Panen Berhasil, Warga Desa Kapul Melaksanakan Aruh Adat Baharin

SAMBUTAN: Para pejabat tamu undangan diberi sambutan hangat - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen, masyarakat Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, menggelar pelaksanaan acara Aruh Adat Baharin, Minggu (29/10/2023) di Balai adat serumpun dayak adat Halong.

Acara dihadiri oleh berbagai tokoh penting Kabupaten Balangan, antara lain Bupati Balangan, H. Abdul Hadi, S.Ag., M.I.Kom Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, S.H., S.I.K., M.Med.Kom, Ketua TP PKK Balangan sekaligus Anggota DPRD Balangan Hj Sri Huriyati Hadi serta sejumlah tokoh adat dan Forkopimda Balangan.

BACA JUGA: Barito Putera Harus Puas Berbagi Angka dengan Persikabo

Dalam sambutannya Ketua Panlak Rahmadi, mengatakan Aruh Adat Baharin ini adalah bentuk hajat syukur. Harapannya agar dalam acara ini, masyarakat dapat mendapatkan keselamatan, kesehatan, dan berbagai hajat yang diinginkan. 


"Salah satu momen penting dalam acara ini adalah pemotongan hewan, termasuk kerbau sebanyak 5 ekor, kambing 22 ekor, dan ayam seberat 600 kg. Acara ini akan berlangsung selama 7 hari 7 malam, dari tanggal 27 Oktober 2023 hingga 02 November 2023,"ucapn Rahmadi. 


Senada dengan Rahmadi, Sahdi dari Dewan Adat Dayak Halong juga mengucapkan terimakasih atas kedatangan para tokoh penting, seraya berharap terkabulnya hajat-hajat yang pernah diinginkan.

Sementara Kapolres Balangan, AKBP Riza Muttaqin, menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Adat Dayak Halong atas undangan yang diberikan, dan berharap agar hajat dan keinginan masyarakat adat dayak, khususnya di Kabupaten Balangan, dapat terkabul. 

"Selain itu, kami berharap bahwa kegiatan ini akan meningkatkan kekompakan dan kebersamaan antar masyarakat, menciptakan suasana yang aman dan kondusif, "harapnya. 

BACA JUGA: Bertahan Hidup dengan 'Tanggui', Sembari Menanti Secercah Harapan

Bupati Balangan, H. Abdul Hadi, juga menekankan pentingnya melestarikan Aruh Adat Baharin sebagai bagian dari warisan budaya leluhur yang harus terus dijaga dan dilanjutkan oleh generasi penerus. Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. 

"Semoga dengan terlaksana kegiatan Budaya Aruh Adat Baharin  dapat menjaga kerukunan umat beragama dan persatuan serta kesatuan melalui budaya-budaya yang ada di Kabupaten Balangan, dengan menjunjung tinggi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Eka,"tegasnya. 

Dalam konteks ini, kegiatan Aruh Adat Baharin 2023 menandai agenda tahunan yang mengekspresikan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah serta menjaga kelestarian kebudayaan adat dayak. Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk mempererat hubungan dan kerjasama dalam memelihara budaya dan kearifan lokal yang kaya di wilayah Balangan. (rza/ak)

Lebih baru Lebih lama