Sisihkan Ribuan Peserta, Gina Astuti Asal Balangan Raih Penghargaan Tingkat Nasional 2023

PENGHARGAAN: Gina Astuti, menorehkan prestasinya dengan meraih predikat peringkat 1 Pemimpin Muda Unggul Tingkat Nasional 2023 - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelar Malam Puncak Hari Sumpah Pemuda 2023 dengan memberikan penghargaan kepada anak muda-mudi seluruh Indonesia yang berprestasi.

Kegiatan penghargaan tersebut diselenggaraan pada tanggal 28 Oktober 2023, yang dihadiri oleh Bapak Ario Bimo Nandito Ariotedjo dan Perwakilan Kepala Daerah di seluruh Indonesia.

Ajang tersebut menjadikan sebuah kebanggaan bagi daerah Balangan, pasalnya, salah satu perempuan asli daerah kelahiran Desa Inan, Paringin Selatan, Kabupaten Balangan Gina Astuti, menorehkan prestasinya dengan meraih predikat peringkat 1 Pemimpin Muda Unggul Tingkat Nasional 2023. 

BACA JUGA: Hari Santri 2023, Presiden: Santri Pilar Kekuatan Bangsa Terbukti Sejak Zaman Perjuangan

Perempuan kelahiran 23 tahun silam ini, memperoleh prestasi tersebut tidaklah mudah, melainkan melalui proses penjurian yang ketat oleh tim khusus Kemenpora dan para akademisi.

Sebelum meraih gelar tersebut, Gina Astuti telah menyelesaikan dengan sukses Program Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 14 Oktober 2023 lalu yang melibatkan sekitar 100 pemuda dan pemudi terbaik yang terpilih setelah melalui seleksi ketat dari ribuan pendaftar.

Gina mengaku, sebelumnya dirinya mewakili Kalimantan Selatan dalam program PKPMN. Seleksinya mencakup berbagai tahap, mulai dari pemberkasan, Tes CAT hingga wawancara dan terpilih sebagai 100 peserta terbaik. 


"Kami menjalani pendidikan intensif yang diselenggarakan oleh Kemenpora dan Lemhanas, dimana kami dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi pemimpin berkualitas. Selama proses pendidikan, kami harus menyelesaikan sejumlah penugasan, seperti menulis esai, menyusun makalah, membuat video kreatif, dan mengerjakan berbagai tugas individu yang kemudian kami presentasikan. Semua ini, selain riwayat organisasi dan kontribusi kami dalam kegiatan kepemudaan, menjadi unsur penilaian utama," jelas Gina, belum lama tadi.


BACA JUGA: Berkas Ganjar-Mahfud Dinyatakan Lengkap Oleh KPU

Selain penganugerahan Malam Puncak Hari Sumpah Pemuda 2023, juga dilakukan pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda dan Komitmen Pemuda yang dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 

Setelah mengucapkan ikrar, Menpora berharap agar momentum Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 dapat menjadi komitmen positif bagi pemuda Indonesia dalam bersatu untuk memajukan bangsa. (rza/ak)

Lebih baru Lebih lama