Ketua Dekranasda Kalsel Hj. Raudatul Jannah Tampilkan Produk Lokal UMKM Banua di Pameran Kriyanusa 2023

WAWANCARAKetua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor - Foto Istimewa 


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, mengikuti acara pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara (Kriyanusa) Tahun 2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (13/9/2023).

Pameran Kriyanusa 2023 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk mempromosikan produk-produk kriya dari seluruh daerah di Indonesia. Kegiatan tersebut mengangkat tema “Kriya Unggul, Indonesia Maju” berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 September 2023 mendatang.

Pada pameran itu, pada stand Dekranasda Kalsel menampilkan aneka kerajinan produk lokal Banua. Seperti anyaman tas dari purun, berbagai anyaman rotan, pernak-pernik permata hingga kain sasirangan dan beragam kain olahan kain khas Banua.

Pembukaan Kriyanusa Pameran Kerajinan Nusantara Tahun 2023 dilakukan langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan ditandai pemukulan rebana bersama istri Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Wury Ma’ruf Amin, bersama sejumlah istri menteri lainnya juga turut hadir.

Pada pameran tersebut, Ibu Iriana beserta Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin juga secara langsung menyerahkan penghargaan kepada pemenang Dekranas Award 2023.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pameran Kriyanusa 2023, Sri Suparni Bahlil mengatakan, pameran tersebut merupakan salah satu upaya Dekranas dalam pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya.


"Kegiatan pameran ini merupakan salah satu wujud nyata Dekranas dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku usaha kriya yang bertujuan untuk lokal mendorong penciptaan dan pengembangan produk-produk kriya lokal sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia,” ujarnya.


Menurutnya, pameran Kriyanusa diikuti sebanyak 307 stan pameran yang berasal dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) provinsi, kabupaten/kota, kementerian, serta lembaga.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah di dampingi Kepala Dinas Perindustrian Kalimantan Selatan H. Mahyuni MT saat diwawancara mengatakan, keikutsertaan Dekranasda Kalsel pada Kriyanusa 2023 tersebut adalah untuk berpartisipasi pada acara tahunan yang rutin digelar Dekranas.

Menurutnya, pada pameran tersebut Dekranasda Kalsel bersama stakeholder terkait, membawa produk-produk lokal yang menjadi unggulan khas Kalimantan Selatan untuk dipamerkan pada Kriyanusa.

Kita juga melibatkan Dekranasda 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan untuk ikut serta dalam pameran ini. Mudah-mudahan, keikutsertaan kita dalam pemeran ini akan semakin meningkatkan promosi produk khas lokal kita. Dan yang terpenting adalah meningkatkan kualitas produk kita, sehingga ke depan bisa masuk ke pangsa pasar nasional, bahkan internasional,” ujarnya.

Ia juga berharap, kepada para pelaku UMKM yang ada di Kalimantan Selatan agar terus meningkatkan kualitas, inovasi, dapat melihat peluang pasar. Sehingga ini juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Banua.

Untuk di ketahui, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat berkolaborasi dengan Dekranasda Kalimantan Selatan pada tahun 2023 beberapa kali melaksanakan kegiatan, diantaranya Sosialisasi dan Kurasi Road to JMFW yang melibatkan 30 pelaku usaha yang digelar di bulan Maret lalu, dan Workshop Pengembangan UMKM di Sekitar Wilayah Tambang dan Geopark pada Desember 2023 mendatang.

Selain itu, pada Rakernas Dekranas dengan lokus seluruh Indonesia yang digelar beberapa hari lalu, Provinsi Kalimantan Selatan juga ditunjuk menjadi tuan rumah pada beberapa event, yakni Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Daerah, Seminar Hybrid (Online dan Offline) (Forum Digitalk).(wsk/ak)


Lebih baru Lebih lama