Tim Animal Rescue Banjarmasin Evakuasi Kobra di Sungai Andai

EVAKUASI: Petugas Tim Animal Banjarmasin berhasil mengevakuasi seekor ular - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Ular kobra kurang lebih panjang 70 sentimeter menghebohkan warga Blok J RT 17 RW 02 Jalan Padat Karya Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kamis (15/6/2023).

Reptil berbisa itu ditemukan di bawah tumpukan puing bekas bangunan di depan rumah seorang warga. Sontak warga di sekitar geger dan ketakutan dengan teror ular kobra itu.

Penemuan kobra ini langsung dilaporkan oleh Zaki ke Tim Animal Rescue Banjarmasin melalui dan dibantu juga relawan damkar kelurahan Sungai Andai sekitar pukul 08.30 WITA.

Proses evakuasi penangkapan ular tersebut sempat terkendala, sebab ular hitam legam itu besembunyi. Namun berkat pengalaman dari Tim Animal Rescue Banjarmasin yang dipimpin Sani dan rekannya, akhirnya berhasil mengevakuasi reptil yang juga dikenal dengan sebutan ular sendok itu.

 

"Satu ekor kobra itu memiliki panjang kurang 70 sentimeter. Saat dievakuasi ular tersebut bersembunyi di tumpukan sampah bangunan luar rumah," kata Zaki.


BACA JUGA: 7 Kampung Berlimpah Janda di Indonesia, 1 di Kalsel

Sementara itu, salah satu warga Zaenal juga sangat bersyukur dengan tertangkapnya ular yang menyeramkan itu, Ia mengkhawatirkan saat anak-anak bermain diluar rumah bisa membahayakan.

Saat ditanya di apakan ular itu, Sani menjawab, rencananya ular tersebut akan dilepas di habitat aslinya, jauh dari pemukiman, tapi sebelumnya dirawat dulu.

PENANGKAPAN: Dua petugas Animal Rescue sedang menangkap ular kobra - Foto Dok

Sani juga mengimbau warga segera melapor ke tim Animal Rescue Banjarmasin jika ditemukan hewan liar berbahaya, seperti ular kobra, di lingkungan rumah. 

Selain itu Sani juga memberikan tips agar rumah warga tidak dimasuki ular dengan memberikan cairan sejenis wipol atau kapur barus disetiap sudat rumah atau sekitar luar rumah, khusunya bagian dapur yang rawan dengan aroma tidak sedap atau amis.

"Kami siap membantu, bisa melalui akun ig Animal Rescue Banjaramasin,"tukasnya.(fsl/akh)

Lebih baru Lebih lama