Hadiri Saprah Amal di Desa Lokbatung, Pemkab Balangan Gelontorkan Dana Ratusan Juta

KUNJUNGAN: Bupati Balangan saat mnghadiri acara saprah amal di Desa Lokbatung Balangan - Foto Dok

HABARDIGITAL.COM, BALANGAN -  Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Bupati Balangan Abdul Hadi berencana menggelontorkan dana untuk membantu pembangunan Langgar Nazmul Huda Desa Lokbatung.

Hak tersebut disampaikannya saat menghadiri acara saprah amal di desa tersebut. Tidak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Balangan ini akan membantu sebesar Rp 250 juta.

"Tadi Panitia menyebutkan perlu dana sekitar Rp 350 juta, lalu saya bicara dengan Kabagkesra, Insha Allah Pemda akan membantu sebesar Rp 250 juta," ucap Bupati Balangan, Rabu (7/9/2022).


Kemudian dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan beberapa program terkait keagamaan pada tahun 2022, salah satunya pihaknya kembali akan mengirim santri 20 orang ke timur tengah.

"Siapa tahu ada warga Lokbatung yang berminat, Insha Allah Pemda akan membantu Rp 60 juta per orang pergi ke timur tengah, sementara tahun ini sudah memberangkatkan 10 orang ada yang ke Yaman dan Mesir serta untuk ke pulau Jawa akan dibiayai Rp 10 juta per orang," katanya.

Selain ke Timur tengah, Pemda Balangan juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang hanya menuntut ilmu di Pulau Jawa. Pihaknya juga memberikan 20 orang ke pulau Jawa, dengan masing-masing mendapat Rp 10 juta.

"Tahun ini memberangkatkan 20 orang ke pondok pesantren  di jawa dan target tahun depan 40 orang, bagi yang berminat ke pesantren di Jawa Pemda akan membantu 10 juta per orang," tuturnya.

Bukan hanya itu, Pemda juga sedang menyusun program untuk memberikan penghargaan kepada para penghafal Al Qur'an dan telah menyiapkan dana 1 miliar untuk para penghafal beserta ustaz dan ustadzahnya.

"Alhamdulillah istana anak yatim sudah kita bangun untuk tahap pertama, mudahan-mudahan paling lambat tahun 2024 sudah bisa menampung anak-anak yatim di Kabupaten Balangan," tutupnya. (vro/fsl)

Lebih baru Lebih lama