Viral Suara Bising di Udara Kalsel, Berikut Penjelasan Airnav Banjarmasin

 

PENAMPAKAN: Pesawat jenis Antonov An-12 yang dioperasikan oleh Ukraine Alliance - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, BANJARBARU – Belakangan ini, media sosial (medsos) dihebohkan dengan suara bising di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) seperti Banjarmasin dan Banjarbaru, pada Selasa (6/9/2022) dini hari. 

Namun, warganet mempertanyakan suara itu karena jika pesawat komersil diduga tidak ada jadwal penerbangan pada jam tersebut. Dalam potongan video di akun TikTok Ginaa, narasi video itu tertulis “Aslinya lebih jelas lg suaranya, sampai ini masih penasaran suara apa yo?

Merespons hal ini, General Manager (HM) Airnav Indonesia Cabang Banjarmasin, Posler Manihuruk menjelaskan, berdasarkan data dari aplikasi pelacak pesawat FlightRadar24, bunyi pesawat yang membuat geger itu berasal dari pesawat jenis Antonov An-12 yang dioperasikan oleh Ukraine Alliance.

Fenomena ini sendiri merupakan hal yang normal dalam dunia penerbangan.

“Memang karena kondisi sepi, jadi terdengar suaranya,” ujarnya dikutip dari pojokbanua, Rabu (7/9/2022) sore.


Ia memaparkan, di ruang wilayah udara Kalsel terdapat jalur udara (airway) yang kerap kali dilintasi berbagai jenis pesawat baik dalam maupun luar negeri.

"Kalau dilihat dari FlightRadar 24 itu, (pesawat Antonov) terbang dari Port Moresby, Papua Nugini, menuju Kuala Lumpur, Malaysia,” sambungnya.

Pesawat hasil rancang bangun pabrikan Antonov di era Uni Soviet ini sendiri, diketahui terbang dengan ketinggian 28.000 kaki atau 8,5 kilometer di atas permukaan laut. Ketinggian ini merupakan normal dalam operasional pesawat.

Pesawat Antonov An-12 sendiri memang cukup jarang melintas ruang udara Kalsel. “Tipe pesawat ini mungkin baru satu kali lewat,” pungkasnya. (pojokbanua/fsl)

Lebih baru Lebih lama