Semua Proses Beres, Calvin Verdonk Bisa Main Lawan Filipina

SUMPAH: Proses perpindahan asosiasi pemain naturalisasi saat dimabil sumpah - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Proses perpindahan asosiasi pemain naturalisasi teranyar Timnas Indonesia Calvin Verdonk dari KNVB (PSSI-nya Belanda) sudah beres dan mendapat persetujuan FIFA. 

Federasi Sepak bola Internasional tersebut pun sudah mengirim surat notifikasi ke AFC pada Rabu (5/6/2024). 

Berkat rampungnya kedua proses ini, Calvin Verdonk dipastikan dapat membela Timnas Indonesia di laga terakhir Putaran Kedua Zona Asia Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Filipina pada Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Universitas Pertama di IKN

Kehadiran Verdonk, yang kini bermain bagi kubu Liga Belanda NEC Nijmegen, akan menambah kekuatan di lini belakang Garuda ke depannya.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir pun mengapresiasi proses cepat dan persetujuan yang diberikan oleh FIFA tersebut agar sang pemain bisa terlibat dalam ronde laga internasional Juni ini.

"Sejak kemarin banyak pihak di dalam negeri telah membantu proses Calvin Verdonk untuk segera memperkuat sepa kbola Indonesia, terutama menghadapi pertandingan penting bagi langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, pada Rabu (5/6/2024).

"Saya apresiasi proses cepat persetujuan yang dilakukan FIFA, yang secara langsung ikut mendukung agar sepak bola kita maju."

Selain itu, Erick Thohir kembali menegaskan komitmen dan kemauan untuk bersaing demi mendapat tempat di skuad Shin Tae-yong mengingat stok pemain melimpah di beberapa posisi skuad Garuda.

"Target saya, kita harus punya 2x11 pemain untuk timnas dengan kekuatan yang merata dan seimbang sehingga meski ada yang absen atau enggan memperkuat timnas, maka kita punya pengganti dengan kualitas sama," tutur Menteri BUMN itu melanjutkan.

"Intinya, pemain yang sekarang berkostum Garuda harus serius dan fokus demi mendapat kesempatan membela Indonesia. Timnas hanya untuk pemain yang punya tekad kuat dan mati-matian demi Merah Putih."

BACA JUGA: Seorang Lansia Tewas Saat Kebakaran di Gang Maluku Pasar Lama

Calvin Ronald Verdonk memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang bernama Ronald Alting Siberg yang lahir di Meulaboh, Aceh pada 6 Februari 1958.Verdonk sendiri lahir di Dordrecht, Belanda, pada 26 April 1997 dari ibunya yang bernama Tamara Verdonk.

Verdonk merupakan pemain jebolan akademi Feyenoord Rotterdam.

Karier profesionalnya dimulai pada April 2014 saat ia menandatangani kontrak bersama tim akademi kota pelabuhan tersebut.

Ia kemudian mencatatkan debutnya setelah hampir satu tahun, tepatnya pada 8 Maret 2015 saat membantu timnya menang 3-0 atas Excelsior Rotterdam. (net/ak)

Lebih baru Lebih lama