Makin Banyak Negara Uni Eropa Akui Palestina, Kini Giliran Slovenia

PIDATOPM Slovenia Robert Golob - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, - Slovenia menjadi negara anggota Uni Eropa terbaru yang mengakui Palestina. Pengakuan tersebut disetujui parlemen Slovenia pada Selasa (4/6/2024).

Parlemen Slovenia juga menolak usulan referendum demi mengakui kemerdekaan Palestina. Usulan pemungutan suara disampaikan oleh kelompok oposisi.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Universitas Pertama di IKN

"Hari ini pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan Palestina mengirimkan harapan bagi warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat," kata PM Slovenia Robert Golob seperti dikutip dari Reuters.

Langkah pengakuan Palestina di parlemen Slovenia mendapat dukungan mayoritas dari wakil rakyat setempat. Sebelum usulan disahkan, komite luar negeri parlemen telah lebih dulu menegaskan mendukung rencana pemerintah Slovenia mengakui Palestina.

Saat ini dari 27 anggota Uni Eropa, yang mengakui Palestina sebelum perang Gaza pecah adalah Swedia, Siprus, Hungaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Rumania, dan Bulgaria.

Kemudian langkah itu diikuti oleh Spanyol dan Irlandia. Norwegia yang bukan anggota Uni Eropa tapi anggota koalisi militer Barat NATO, turut pula mengakui Palestina usai perang Gaza pecah.

BACA JUGA: Seorang Lansia Tewas Saat Kebakaran di Gang Maluku Pasar Lama

Negara-negara Eropa yang baru saja mengakui Palestina percaya langkah mereka dapat menekan Israel mengakhiri serangan di Gaza.

Setelah Slovenia, Malta berencana akan mengakui kemerdekaan Palestina dalam waktu dekat. (net/ak)

Lebih baru Lebih lama