Partai di Balangan Mulai Buka Penjaringan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Balangan

PAMPLEAT: Salah satunya PDIP yang membuka penerimaan Bacalon Kepala Daerah - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Bermodal dua kursi hasil Pileg lalu dan pemenang secara nasional, DPC PDIP Balangan membuka penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan untuk Pilkada 2024.

Penjaringan bakal kepala daerah ini sendiri dibuka sejak 1 mei lalu hingga 20 Mei mendatang.

Sekretaris DPC PDIP Balangan, Ansyari menyampaikan, jika penyaringan ini dilakukan serentak se Kalsel dan bisa dilakukan di PDP PDIP Kalsel maupun DPC PDIP se Kalsel.

BACA JUGA: Menhub Tata Status Bandara Internasional, Begini Tanggapan Angkasa Pura II

“Dengan perolehan dua kursi tentu kita perlu koalisi untuk mengusung calon pada Pilkada nanti. Komunikasi politik saat ini terus kita banguan kesemua Partai dan pihak guna menuju gelaran Pilkada nanti,” ucapnya.

Sebelumnya, Nasdem dan Demokrat juga sudah membuka penjaringan dimana untuk Nasdem membuka penjaringan dari tanggal 1 hingga 7 Mei, sedangkan Demokrat mulai tanggal 1 hingga 15 Mei.

Ketua DPD Nasdem Balangan Muhammad Rizkan mengatakan, pihaknya membuka pendaftaran atau rekrutmen Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Balangan untuk Pilkada 2024 ini selama sepekan yakni, dari tanggal 1 hingga 7 Mei mendatang.

Meski bisa mengusung calon sendiri, menurut Rizkan, DPD Nasdem Balangan tetap membuka pendaftaran bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) secara terbuka, baik itu dari kader Nasdem maupun dari luar Nasdem.

BACA JUGA: Musda II IVENDO Kalsel dan Pelantikan DPD IVENDO Kalsel Masa Bakti 2024-2027 Sukses Digelar

Selain mekanisme Partai, menurut Rizkan, dari penjaringan ini Nasdem dan masyarakat Balangan ingin mendapatkan pemimpin secara terbuka dan berkualitas.

“Maka dalam proses penjaringan tersebut ada seleksi dari DPD, DPW sampai DPP nanti yang akan menentukan,” ujarnya.

Hingga saat ini, setidaknya sudah ada tiga Partai di Balangan yang membuka penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024 yakni, Nasdem, Demokrat dan PDI Perjuangan. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama