Pelaksanaan Puncak Haul Ke-4 KH Ahmad Zuhdiannor Dimajukan, Ribuan Jamaah Tumpah Ruah

KUBAH: Jamaah yang hadir memenuhi ruang induk makam Alm Guru Zuhdi - Foto Dok

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, puncak peringatan Haul Ke-4 KH. Ahmad Zuhdiannor atau semasa hidupnya kerap disapa dengan sebutan Guru Zuhdi yang biasanya digelar setiap tanggal 9 Ramadhan, tanggal di mana ulama Banjar karismatik tersebut menghembuskan nafas terakhirnya 4 tahun silam. Kini dimajukan lebih awal pada 26 Sya'ban 1445 H atau 7 Maret 2024 atas permintaan ahli waris dan keluarga.

BACA JUGA: Ketua TPD Amin Serukan Jaga Kondusifitas dan Stabilitas Pasca Pemilu

Rangkaian puncak peringatan bertempat di Kubah Kawasan Kompleks Masjid Jami Banjarmasin, pada Kamis (7/3/2024) malam, turut dihadiri oleh para Habaib, Alim Ulama beserta tokoh-tokoh guru dari berbagai penjuru negeri tersebut bermula setelah Salat Maghrib dengan iring-iringan pembacaan Maulid Habsy, tahlil dan doa. 

Puluhan ribu jamaah baik dari dalam maupun luar kota tumpah ruah hadir memadati kawasan Kompleks Masjid Jami Banjarmasin sejak siang hari tadi dan diperkirakan menjadi yang terbanyak dari gelaran haul sebelumnya.

Antusiasme jamaah terlihat sejak sore hari di berbagai titik lokasi yang telah disiapkan. Bahkan, sejak satu hari sebelumnya, terpantau posko-posko kesehatan dan makanan telah didirikan oleh warga setempat maupun relawan.

BACA JUGA: Sempat Dirawat Sakit Paru-paru, Pelawak Polo Srimulat Meninggal Dunia

Hingga pada sekitar pukul 10 malam, usai rangkaian acara berakhir, fenomena menarik terlihat di sejumlah titik ketika para jamaah bersama-sama petugas kebersihan, relawan, maupun panitia sigap bergotong royong untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan sekaligus memastikan pelaksanaan haul kali ini berjalan dengan khusyuk dan lancar. (af/ak)


Lebih baru Lebih lama