Dipimpin Kabag Ops Polres Balangan, Sejumlah Instansi Sidak Bahan Pokok Jelang Ramadhan 1445 H

SIDAK: Tim gabungan melakukan sidak harga sembako - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Dibawah pimpinan Kabag Ops Polres Balangan AKP Rahmadi, sejumlah instansi dan pihak terkait turut serta dalam kegiatan ini, termasuk perwakilan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Balangan, Satuan Polisi Pamong Praja, serta pihak terkait lainnya melakukan sidak harga dan ketersediaan bahan pokok sembako menjelang Ramadhan 1445 H tahun 2024 di Pasar Paringin Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Jumat (8/3/2024).

"Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua tim dengan sasaran utama Pasar Paringin, Pasar Adaro, Toko Sembako Kelurahan Paringin Kota dan Indomaret Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan,"ujarnya. 

BACA JUGA: Jangan Khawatir, Stok Ikan di Pelabuhan Banjarmasin Aman Jelang Ramadhan 1445 H

AKP Rahmadi menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memantau kondisi ketersediaan dan harga bahan pokok sembako, serta mengantisipasi permasalahan yang mungkin timbul menjelang bulan Ramadhan 1445 H dan Hari Besar Keagamaan Nasional.

"Hasil dari pengecekan tersebut menyajikan gambaran yang cukup memuaskan, dengan stok persediaan bahan pokok sembako yang terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Balangan,"tambahnya. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa terjadi fluktuasi harga beberapa komoditas sembako, yang dipengaruhi oleh peningkatan permintaan dan ketidaksesuaian pengiriman dengan permintaan tersebut.

BACA JUGA: Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Boyong 28 Pemain Minus Kiper Ernando Ari

Berikut adalah beberapa harga pokok sembako yang tercatat: Bawang Putih: Rp. 36.000,-/kg Bawang Merah : Rp. 28.000,-/kg, Minyak Goreng Tropical : Rp. 36.000,-/ 2 Liter, Gula : Rp. 17.500,-/kg, Beras (berbagai jenis) : mulai dari Rp. 17.000,-/kg hingga Rp. 28.800,-/kg, Telur (Ayam Ras dan Itik) : berkisar antara Rp. 2.200,- hingga Rp. 3.000,- per butir.

Dengan demikian, upaya pemantauan dan koordinasi terus dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok sembako untuk kebutuhan masyarakat Kabupaten Balangan. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama