Puluhan Remaja di Balangan Ikuti Seleksi Atlet Pencak Silat

SELEKSI: Atlet Pencak silat di Balangan mendengarkan penyampaian pelatih - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Kabupaten Balangan terus mempersiapkan atlet-atlet muda dalam bidang olahraga pencak silat untuk mengikuti event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) hingga tingkat Provinsi dengan menggelar seleksi atlet yang dilakukan pada 19-20 Februari 2024.

Pelatih Pencak Silat Kabupaten Balangan Ahmad Juliansyah mengatakan, proses seleksi ini diikuti sekitar 48 remaja putra dan putri yang menunjukkan kemampuan teknik dan taktik bertanding menggunakan pola sirkuit. 

BACA JUGA: Jangan Lewatkan Program 'Gempa Hadiah' Astra Daihatsu Banjarbaru

"Dari tahap awal tersebut, hanya 18 peserta yang berhasil lolos ke tahap tes kemampuan fisik. Setelah melalui berbagai tahapan seleksi, akhirnya tersisa 14 atlet yang akan diberikan pemusatan latihan," ucap Juliansyah, belum lama tadi.

Juliansyah menambahkan, pengembangan atlet remaja di Kabupaten Balangan tidak hanya mengandalkan bakat semata namun juga mengintegrasikan berbagai ilmu olahraga, termasuk Sport Science. 

"Proses seleksi ini dirancang secara sistematis dengan pendekatan Long-Term Athlete Development (LTAD), yang meliputi penilaian fisik, analisis biomekanik, hingga pengukuran kinerja mental untuk memastikan atlet memiliki potensi maksimal," ujarnya.

BACA JUGA: Kemenag Akan Gelar Sidang Isbat Awal Ramadan 10 Maret, Undang BRIN, BMKG Hingga Para Dubes dan Ormas Islam

"Dengan upaya komprehensif ini, diharapkan Kabupaten Balangan dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat yang kompetitif serta berpotensi meraih prestasi di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional,"imbuhnya. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama