Pemkab Balangan Serahkan 8 Unit Armada Pemadam Kebakaran

ARMADA: Bupati Balangan naik keatas armada mobil pemadam kebakaran - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Program unggulan Bupati Balangan, H Abdul Hadi, akhirnya menjadi kenyataan dengan secara resmi menyerahkan 8 unit mobil pemadam kebakaran dan 4 paket peralatan kebencanaan, termasuk mesin pemadam kebakaran portable.

BACA JUGA: Prihatin Kondisi Rumah Warga Ambruk, Caleg PDIP Erlina Siap Perjuangkan Perbaikan

Rencananya 8 unit mobil pemadam tersebut bakal ditempatkan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan. Diadakannya unit pemadam tersebut untuk meningkatkan efisiensi penanggulangan bencana, terutama dalam menghadapi risiko kebakaran yang sering terjadi di beberapa daerah, seperti Kecamatan Halong, Juai, Awayan, Batumandi, Tebing Tinggi, Lampihong, Paringin, dan Paringin Selatan.


"Alhamdulillah, hari ini kita serahkan 8 unit armada pemadam kebakaran untuk masing-masing kecamatan dan alat pemadam portable untuk masing-masing desa," ujarnya sumringah, saat penyerahan di halaman kantor Pemkab Balangan, Rabu (27/12/2023) 


Selain akan menjadi aset berharga dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran. Bupati H Abdul Hadi menekankan bahwa pihaknya berharap tidak akan ada kejadian kebakaran, namun dengan adanya perlengkapan ini, diharapkan dapat meminimalisir kerugian jika suatu saat terjadi musibah. Abdul Hadi menjelaskan bahwa jika terjadi kebakaran, penanganan pertama akan dilakukan menggunakan alat pemadam portable di tingkat desa. Hal ini dilakukan sambil menunggu kedatangan mobil pemadam kebakaran di kecamatan untuk penanganan lebih lanjut.

BACA JUGA: PLN Promo Tambah Daya Hingga 5.500 Cuma Rp271 Ribuan, Cek Syaratnya

"Semoga dengan langkah preventif ini, kita dapat melindungi masyarakat dan aset-aset yang ada di Kabupaten Balangan dari ancaman kebakaran. Harapan kita semua, mudah-mudahan tidak sampai terjadi kebakaran," tambahnya.

Bupati berharap fasilitas ini bisa di jaga dan dirawat agar selalu siap dalam menghadapi potensi bencana.

"Saya mengingatkan akan pentingnya kesigapan dan kerjasama masyarakat dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan bersama," tukasnya. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama