Cegah Penularan Penyakit DBD, Forkopimcam Halong Gelar Aksi Bersih - Bersih

KEBERSIHAN: Forkopimcam Halong menggelar aksi kebersihan lingkungan - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Pemerintah Kecamatan Halong bersama Polsek dan Koramil Halong, KUA, UPTD Puskesmas, dan seluruh aparat desa Baruh Panyambaran menggelar aksi bersih - bersih sebagai upaya memutus penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang cukup merebak di wilayah Halong, Kamis (21/12/2023).

Camat Halong Rahmadi menjelaskan tingginya kasus DBD di kecamatan Halong, terutama dengan 94 warga yang baru-baru ini dirawat tertular virus demam DBD, disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti & Aedes albopictus betina. Oleh karena itu, pihaknya bersama seluruh kepala desa dan instansi terkait sepakat untuk melakukan kegiatan bersih-bersih bersama sebagai langkah pencegahan.

BACA JUGA: Menyambut "Nataru", PLN Siagakan Petugas Pastikan Kesiapan Keandalan Pasokan Listrik


"Kegiatan ini bukan hanya sebagai upaya pengobatan, tapi lebih pada pencegahan. Kami percaya dengan gotong royong seluruh desa dapat membantu memutus mata rantai penyebaran DBD," ucap Rahmadi.


Aksi Bersih-bersih bersama ini bukan hanya menjadi langkah darurat melainkan juga membuka pintu bagi kegiatan serupa di bulan-bulan berikutnya.

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi satu kali, tapi dapat dilakukan secara rutin setiap bulan di setiap desa, melibatkan seluruh elemen masyarakat," tuturnya Rahmadi.

Sementara kepala Desa Baruh Panyambaran, Hadiansyah, menyampaikan terima kasih atas inisiatif yang luar biasa dari Camat Halong. 

"Desa Baruh Panyambaran menjadi fokus kegiatan karena jumlah kasus DBD yang cukup tinggi. Kami berharap aksi ini dapat mengurangi berkembang biaknya nyamuk pembawa virus tersebut dan masyarakat tetap menjaga kebersihan untuk mencegah penularan lebih lanjut," ujarnya.

BACA JUGA: Optimalkan Upaya Pencegahan Kecelakaan, Jasa Raharja, Korlantas Polri, dan KNKT Gelar FGD Review Kecelakaan Menonjol Tahun 2023

Sedangkan Kapolsek Halong, IPDA Tamba Manurung yang turut hadir juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan muspika yang terlibat dalam kegiatan Bersih-bersih bersama ini. Sebagai bentuk antisipasi terhadap DBD perlu menjadi prioritas bersama, dan kebersihan lingkungan adalah langkah awal yang sangat penting.

"Dengan inisiatif bersama ini, Pemerintah Kecamatan Halong menunjukkan komitmennya untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang bersih dan aman dari penyakit DBD. Semua pihak diharapkan terus mendukung upaya pencegahan ini untuk mewujudkan kehidupan yang sehat dan berkualitas bagi seluruh warga kecamatan Halong," tukasnya. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama