Ciptakan Tahun Politik 2024 Kondusif, Pemkab Balangan Gelar Obrolan Santai

SINERGITAS: Pemkab Balangan bersama Forkompinda dukung Pemilu 2024 Damai - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Pemerintah Kabupaten Balangan menggelar acara Coffee Morning dengan tema "Badapatan sambil Bakisahan wan Forkopimda, Penyelenggara Pemilu, serta partai politik" di Aula Benteng Tundakan Kantor Bupati Balangan, Selasa (14/11/2023).

Kegiatan ini diinisiasi untuk merumuskan langkah-langkah strategis dalam menyelenggarakan Pemilu yang aman, damai, dan kondusif menjelang tahun politik 2024.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi, menegaskan pentingnya menjaga kondusivitas dalam pelaksanaan pesta demokrasi mendatang. Ia mengingatkan akan peristiwa Jum'at kelam yang pernah mengguncang Kalimantan Selatan, menjadi sorotan nasional, pertemuan ini dirancang untuk mencegah kejadian serupa terulang.


"Hari ini, kita akan menyamakan persepsi dan mengambil langkah-langkah konkret agar pemilu dapat berjalan dengan ketenangan dan kedamaian," ujar Bupati.


Bupati juga menyarankan agar Bawaslu mengumpulkan partai politik guna menyampaikan peraturan terkini dan memberi peringatan terkait pelanggaran yang mungkin timbul selama pemilu, langkah ini diharapkan dapat mencegah konflik dan potensi masalah.

"Dengan adanya acara ini, diharapkan penyelenggaraan Pemilu di Kalimantan Selatan, khususnya di Balangan, dapat berjalan dengan aman, damai, dan bebas dari gesekan yang berpotensi menimbulkan masalah. Pemerintah Kabupaten Balangan terus berupaya menciptakan suasana kondusif menjelang tahun politik yang akan datang," pungkasnya.

Diskusi ini dihadiri oleh berbagai pihak, seperti Ketua DPRD Balangan, penyelenggara pemilu, pengawas, Kapolres Balangan dan Komandan Kodim 1001/HSU-Balangan serta Kejari Kabupaten Balangan, unsur Muspika masing-masing kecamatan yang memiliki komitmen untuk menjaga kondusivitas di wilayah masing-masing. (rza/ak)

Lebih baru Lebih lama