Kader Demokrat Balangan Dibekali Ilmu Melatih Saksi

PELATIHAN: Kader Demokrat Balangan ikuti pelatihan - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Dalam upaya meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pemilihan dan mendukung pelaksanaan pemilu 2024 yang adil dan transparan, DPC Partai Demokrat Balangan telah mengirimkan sejumlah kader terpilihnya untuk mengikuti Pelatihan Calon Pelatih Saksi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Berlangsung disalah satu hotel berbintang di Banjarmasin pada Rabu, (11/10/2023), para calon pelatih saksi TPS yang nantinya akan kembali bertugas memberikan pelatihan saksi di daerah masing-masing untuk menjaga proses pemungutan suara berjalan dengan baik selama pemilihan. Dalam pelatihan ini, para peserta akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi saksi TPS yang berkualitas. 

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Balangan Syamsudinoor mengungkapkan, pentingnya pelatihan ini dalam memastikan pemilihan yang jurdil dan berintegritas 


"Partai Demokrat Balangan berkomitmen untuk mendukung pemilihan yang demokratis dan bebas dari pelanggaran. Kami mengirimkan kader-kader terbaik kami untuk menjalani pelatihan ini dan memastikan bahwa proses pemilihan nanti berjalan sesuai dengan aturan," kata Syamsudinoor yang kerap di sapa pambakal Sudi Saat dikonfirmasi via telpon, Rabu (11/10/2023).


Ia juga menambahkan Peserta Pelatihan Calon Pelatih saksi TPS dari DPC Partai Demokrat Balangan mendapat panduan materi tentang peran dan tanggung jawab saksi dalam memantau proses pemungutan suara dari tim DPP dan DPD untuk melaporkan segala ketidakberesan, dan menjaga integritas pemilihan. Peserta juga diajarkan mengenai tata cara perhitungan suara dan pengisian berbagai formulir terkait.

"Kami DPC Partai Demokrat Kabupaten Balangan berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya menjaga keaslian proses pemilihan di daerah,"ungkap Pambakal Sudi yang juga merupakan anggota DPRD kabupaten Balangan. 

Diketahui pelatihan tersebut dilaksanakan serentak diikuti oleh 13 Kabupaten kota Se-kalimantan Selatan dan merupakan langkah kongkret Partai Demokrat dalam menjaga kualitas pemilihan dan menjamin bahwa suara pemilih yang akan dihitung dengan benar.(rza/ak)

Lebih baru Lebih lama