DKUKMPP Bersama GKN Menggelar Pelatihan Kewirausahaan

PELATIHAN: Dewan Pembina DPC GKN Kabupaten Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi memberikan membuka sekaligus memberikan edukasi kepada peserta - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Pemerintah Kabupaten Balangan, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP), bersinergi dengan Dewan Pembina DPC Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Kabupaten, telah meresmikan program pelatihan yang bertujuan menggerakkan potensi kewirausahaan dan produk unggulan daerah. 

Program tersebut mencerminkan komitmen kuat pemerintah bersama DPC GKN Balangan untuk memajukan ekonomi lokal serta memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Balangan yang dikenal dengan julukan "Bumi Sanggam."

Dalam sambutannya, Dewan Pembina DPC GKN Kabupaten Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi menyatakan bahwa pelatihan ini mencakup beragam topik penting untuk kemajuan sektor ekonomi kreatif, termasuk seni, desain, kerajinan, teknologi digital, dan strategi pemasaran.


"Terima kasih kepada panitia atas persiapan yang sangat baik, yang membuahkan antusiasme peserta," ucapnya disela acara peresmian disalah satu Hotel di Banjarmasin pada Jumat, (13/10/2023).


Bunda Sri menekankan bahwa dengan terbentuknya DPC GKN Balangan dan program pelatihan khusus untuk pelaku UMKM, terutama perempuan dengan semangat wirausaha besar, diharapkan dapat meningkatkan penghasilan dalam keluarga dan memajukan perempuan secara mandiri.

"Dengan adanya DPC GKN Balangan dan menjadi wadah UMKM Balangan, dapat menambah semangat serta membangkitkan geliat ekonomi sekaligus akan mampu merangkul para penggiat UMKM lainnya yang ada di Balangan," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Balangan yang diwakili Sekretaris Hj. Herlina,S.Sos, MM, menyatakan antusiasmenya terhadap minat dan semangat peserta pelatihan. 

"Kami meyakini bahwa kreativitas peserta, didukung oleh pemerintah dan DPC GKN Kabupaten Balangan, akan mengangkat ekonomi para pelaku UMKM ke tingkat yang lebih tinggi, "paparnya. 

Program ini bukan hanya tentang pelatihan, tetapi juga membuka peluang bagi para peserta UMKM untuk menjalin kemitraan bisnis, memasarkan produk unggulan, serta terus mendukung kreativitas dan pengembangan ekonomi lokal, memasuki pasar yang lebih luas. 

"Kesempatan ini bisa menjadi tonggak penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan UMKM di Kabupaten Balangan," tutupnya.(rza/ak)

Lebih baru Lebih lama