Usai di Rehab, Mesjid Tajul Qaryah di Balangan Kembali Bisa Digunakan

PEMBANGUNAN: Pembangunan Masjid Tajul Qaryah desa Juai sudah dapat digunakan - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Warga Desa Kecamatan Juai Kabupaten Balangan mengadakan acara syukuran pembangunan Mesjid Tajul Qaryah telah selesai, Sabtu (26/8/2023).

Ketua panitia pembangunan mesjid, Nurul Ilham mengucapkan terima kasih kepada masyarakat juai dan teluk bayur serta kepada Bupati Balangan yang telah memberikan bantuan sangat besar untuk merehab total Masjid, pihaknya juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan Paman Birin yang juga telah memberikan bantuan. 


"Alhamdulillah masjid Tajul Qaryah desa Juai sudah dapat digunakan seperti sedia kala untuk berbagai kegiatan keagamaan, pembangunan rehab total di mulai bulan Desember 2022 dan selesai Agustus 2023, walaupun baru sekitar 70 persen selesai,"ucapnya. 


Ia membeberkan biaya pembangunan di mulai dari saldo awal Rp 34.076.000, kemudian mendapat bantuan dari Bupati Balangan sejumlah Rp 400 Juta dan bantuan dari Gubernur Kalsel Rp100 Juta. 

"Dengan modal Rp 534.076.000, kami memulai pembongkaran masjid lama, alhamdulillah selama 8 bulan mendapat tambahan dana swadaya dari masyarakat sebanyak Rp 535.498.000 dan ada bantuan dari masyarakat yang tidak menyebutkan namanya, itu kami tidak bisa menaksir berapa besarannya,"paparnya. 

Kami sangat berharap semoga Bapak Bupati Balangan dan Gubernur Kalsel bisa memberikan bantuan dana yang lebih besar untuk penyelesaian pembangunan Masjid Tajul Qaryah. 

"Untuk Halaman Masjid, pembebasan lahan,  pembangunan tempat wudhu, pembangunan wc, lahan parkir, dan pengecatan luar dalam ruangan Masjid, di perkirakan sementara kami memerlukan dana sebesar 1,5 M lagi,"harapnya. 

Sementara kepala Desa Juai, Mulyadi dalam sambutannya mengatakan pembangunan ini segera dilanjutkan hingga sempurna.

"Hari ini kita mengadakan acara syukuran mesjid kita sudah bisa digunakan untuk sholat berjamaah, meskipun masih banyak kekurangannya. Ini tahap pertama, untuk tahap kedua, nanti kita rencanakan dana anggaran untuk menyempurnakan mesjid. Mudah-mudahan bantuan yang dijanjikan Bupati Balangan H Abdul Hadi bisa cair tahun depan," pungkasnya.(rza/ak)

Lebih baru Lebih lama