Sekwan DPRD Balangan Berharap Admin SKPD Membuat Postingan Berita

PERHATIAN: Sekwan DPRD Balangan bersama anak-anak - Foto Istimewa 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN – Sekwan DPRD Balangan, H. Tamrin mengharapkan admin SKPD turut membuat postingan tentang berita SKPD, khususnya yang menjadi program, kegiatan, maupun informasi yang bersifat pemberitahuan.


“Semua itu seharusnya segera dipublikasikan melalui media sosial,” ujarnya kepada awak media, Sabtu (15/7/2023).


Dia meyakini admin kehumasan dapat berperan besar dalam penyampaian komunikasi informasi ke media sosial terkait kebijakan SKPD maupun pelayanan ke masyarakat.

Menurutnya jika tidak mempunyai kamera profesional dapat menggunakan handphone, cukup diketahui memotret yang baik melalui rule of thirds.

“Penggunaan dan pemanfaatan media sosial merupakan salah satu mempromosikan serta menyebar luaskan program kebijakan SKPD dan dapat menyerap aspirasi langsung masyarakat sehingga SKPD dapat meneruskan aspirasi maupun laporan masyarakat melalui media sosial apalagi sekarang ini ada aplikasi Lapor,” terangnya.

Aplikasi Lapor adalah Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online, yaitu merupakan aplikasi yang dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan atau keluhan mengenai pelayanan publik.

“Admin SKPD ketika mendapatkan aduan sebaiknya tidak ditanggapi dengan sembarangan karena admin dapat meneruskan laporan ke aplikasi agar apa yang menjadi keluhan masyarakat dapat diteruskan dan direspon balik oleh pemerintah,” harapnya.

Berkaitan dengan Rakor Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), keterbukaan informasi publik menuntut kinerja pemerintah yang transparan serta akuntabel.

"Untuk memastikan jalannya layanan informasi publik berjalan dengan baik, pengorganisasian di SKPD mengikuti standar layanan informasi publik pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2021,” terangnya.

Pelayanan informasi publik harus mendapatkan perhatian serius dengan meningkatkan pengelolaan informasi yang berkualitas serta memberikan pelayanan dan menyediakan informasi publik.

Pemerintah Kabupaten Balangan terus berupaya mendorong pelayanan publik yang efektif dan efisien di segala bidang terutama di era pembangunan yang begitu dinamis seperti sekarang ini.

“Klasifikasi informasi publik adalah informasi yang sifatnya serta merta, diumumkan secara berkala dan jenis informasi tersedia setiap saat,” pungkasnya.(rza/ak)

Lebih baru Lebih lama