Anggota DPRD Balangan Syamsudinoor Ikuti Upacara Ritual Adat di Desa Liyu

ACARA: Anggota DPRD Balangan Syamsuddin noor ikuti acara adat - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Ritual adat Mesiwah Pare Gumboh ke-5 di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, tahun 2023 digelar sangat meriah dengan berbagai macam rangkaian acara disuguhkan.

Kegiatan budaya Mesiwah Pare Gumboh sebagai bentuk syukuran panen masyarakat dayak deah kepada Tuhan Yang Maha Esa yang diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 21 sampai 23 juli 2023.

Dalam rangkaian ritual ini juga menampilkan aneka kesenian khas Dayak Deah mulai dari atraksi, parade tari, pasar budaya, permainan tradisional, kuliner khas dan destinasi wisata dan lain sebagainya. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPC Partai demokrat Syamsudinoor yang juga merupakan anggota DPRD Balangan turut hadir dan mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Festival upacara Mesiwah Pare Gumboh tahun 2023 yang sekarang termasuk salah satu event Nasional.


“Saya sangat mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan festival upacara budaya Mesiwah Pare Gumboh ke-5 apa lagi sudah termasuk event Nasional yang cukup meriah,"ucap syamsudinoor di sela-sela kegiatan pembukaan MPG ke-5, jumat (21/7/2023).


Sementara Kepala Desa Liyu Sukri mengakui gelaran MPG ke lima ini jauh lebih meriah dibanding dua tahun sebelumnya.

 "Ritual ini ungkapan syukur kami kepada Tuhan YME atas hasil panen yang melimpah dan tahun ini lebih banyak melibatkan masyarakat maupun para pihak terkait," jelas Sukri. 

Dengan mengandalkan semangat gotong royong kebudayaan yang kini masih terpelihara di Desa Liyu, Mesiwah Pare Gumboh pun kini menjadi inspirasi desa lain.

Hal ini juga dilontarkan Ketua Adat Desa Liyu Aliancen atas pagelaran MPG ke-5 untuk menyampaikan hasil panen kepada leluhur yang telah tiada dengan harapan warga desa diberi keselamatan, perlindungan dan rezeki melimpah.

"Sejak 2019 ritual bisa kita laksanakan secara gotong royong berkat dukungan PT Adaro Indonesia dan mitra kerja serta Pemerintah Kabupaten Balangan,"pungkas Aliancen.(rza/ak)


Lebih baru Lebih lama