Erdogan Menang Pilpres Turki, Warga di Kota-kota Utama Merayakan Tumpah Ruah ke Jalan

  

PIDATOPresiden Turki Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan kembali - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, ISTANBUL - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memenangkan pemilihan kembali hari Minggu, memperpanjang pemerintahannya yang semakin otoriter menjadi dekade ketiga saat negara itu terhuyung-huyung dari inflasi tinggi dan akibat gempa bumi yang meratakan seluruh kota.

Masa jabatan ketiga memberi Erdogan tangan yang lebih kuat di dalam negeri dan internasional, dan hasil pemilihan akan memiliki implikasi jauh melampaui Ankara. Turkiye berdiri di persimpangan Eropa dan Asia, dan memainkan peran kunci dalam NATO.

Baca Juga: Korea Utara Eksekusi Tiga Siswa karena Nonton Drama Korea

Dengan lebih dari 99 persen kotak suara dibuka, hasil tidak resmi dari kantor berita pesaing menunjukkan Erdogan dengan 52 persen suara, dibandingkan dengan 48 persen untuk penantangnya, Kemal Kilicdaroglu. Ketua dewan pemilihan Turkiye mengkonfirmasi kemenangan tersebut, dengan mengatakan bahwa bahkan setelah memperhitungkan suara yang luar biasa, hasilnya adalah istilah lain untuk Erdogan.

Dalam komentar pertamanya sejak pemungutan suara ditutup, Erdogan berterima kasih kepada bangsa karena telah mempercayakannya sebagai presiden selama lima tahun lagi.


“Kami berharap layak mendapatkan kepercayaan Anda, seperti yang telah kami lakukan selama 21 tahun,” katanya kepada para pendukung di bus kampanye di luar rumahnya di Istanbul.


Dia mengejek penantangnya atas kekalahannya, mengatakan "bye bye bye, Kemal," saat para pendukung mencemooh.

“Satu-satunya pemenang hari ini adalah Turkiye,” kata Erdogan, berjanji akan bekerja keras untuk abad kedua Turkiye. Negara ini menandai seratus tahun tahun ini. "Tidak ada yang bisa memandang rendah bangsa kita."

Kilicdaroglu berkampanye dengan janji untuk membalikkan kemunduran demokrasi Erdogan, untuk memulihkan ekonomi dengan kembali ke kebijakan yang lebih konvensional, dan untuk meningkatkan hubungan dengan Barat. Dia mengatakan pemilihan itu "yang paling tidak adil," dengan semua sumber daya negara dimobilisasi untuk Erdogan.

Baca Juga: Viral Suara Bising di Udara Kalsel, Berikut Penjelasan Airnav Banjarmasin

“Kami akan terus berada di garis depan perjuangan ini hingga demokrasi sejati hadir di negara kami,” katanya di Ankara. Dia berterima kasih kepada lebih dari 25 juta orang yang memilihnya dan meminta mereka untuk "tetap tegak".

Rakyat telah menunjukkan keinginan mereka “untuk mengubah pemerintahan otoriter terlepas dari semua tekanan,” katanya.

Pendukung Erdogan, seorang populis yang memecah belah, merayakan bahkan sebelum hasil akhir tiba, mengibarkan bendera Turki atau partai yang berkuasa, dan membunyikan klakson mobil serta meneriakkan namanya. Tembakan perayaan terdengar di beberapa lingkungan Istanbul.

Pemerintah Erdogan memveto tawaran Swedia untuk bergabung dengan NATO dan membeli sistem pertahanan rudal Rusia, yang mendorong Amerika Serikat untuk mengusir Turkiye dari proyek jet tempur pimpinan AS. Tapi Turkiye juga membantu menengahi kesepakatan penting yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina dan mencegah krisis pangan global.

Steven A. Cook, seorang rekan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri yang berbasis di Washington, mengatakan Turkiye kemungkinan akan "memindahkan tujuan" pada keanggotaan Swedia di NATO karena mencari tuntutan dari Amerika Serikat.

Baca Juga: Wagub Jabar Uu Minta Maaf soal Poligami Solusi Cegah HIV/AIDS

Dia juga mengatakan Erdogan, yang telah berbicara tentang memperkenalkan konstitusi baru, kemungkinan akan membuat dorongan yang lebih besar untuk itu.

“Itu akan menjadi konstitusi yang kurang demokratis” dan akan berusaha untuk mengunci perubahan yang diawasi oleh Partai Keadilan dan Pembangunan yang konservatif dan religius Erdogan, atau AKP, kata Cook.

Erdogan, yang telah berada di pucuk pimpinan Turkiye selama 20 tahun, hanya meraih kemenangan di putaran pertama pemilihan pada 14 Mei. Ini adalah pertama kalinya dia gagal memenangkan pemilihan secara langsung, tetapi dia menebusnya pada hari Minggu.

Penampilannya datang meskipun inflasi melumpuhkan dan dampak gempa dahsyat tiga bulan lalu.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban dan Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Erdogan, bersama dengan para pemimpin di Qatar, Venezuela, Azerbaijan, Pakistan, Libya, Aljazair, Serbia, dan Uzbekistan.

Baca Juga: 7 Kampung Berlimpah Janda di Indonesia, 1 di Kalsel

Kedua kandidat menawarkan visi yang sangat berbeda tentang masa depan negara, dan masa lalunya baru-baru ini.

Para kritikus menyalahkan kebijakan ekonomi Erdogan yang tidak konvensional karena meroketnya inflasi yang telah memicu krisis biaya hidup. Banyak juga yang menyalahkan pemerintahnya karena lambat menanggapi gempa yang menewaskan lebih dari 50.000 orang di Turkiye.

Erdogan mempertahankan dukungan pemilih konservatif yang tetap setia kepadanya untuk mengangkat profil Islam di Turkiye, yang didirikan berdasarkan prinsip-prinsip sekuler, dan untuk meningkatkan pengaruh negara dalam politik dunia.

Di Ankara, pemilih Erdogan Hacer Yalcin mengatakan masa depan Turkiye sangat bagus. “Tentu saja Erdogan pemenangnya… Siapa lagi? Dia telah membuat segalanya untuk kita,” kata Yalcin. “Tuhan memberkati kita!”

Erdogan, seorang Muslim berusia 69 tahun, akan tetap berkuasa hingga 2028.

Dia mengubah kepresidenan dari peran yang sebagian besar seremonial menjadi jabatan yang kuat melalui referendum 2017 yang dimenangkan secara tipis yang menghapus sistem pemerintahan parlementer Turkiye. Dia adalah presiden pertama yang dipilih secara langsung pada tahun 2014, dan memenangkan pemilihan tahun 2018 yang mengantarkan presiden eksekutif.

Paruh pertama masa jabatan Erdogan termasuk reformasi yang memungkinkan negara itu memulai pembicaraan untuk bergabung dengan Uni Eropa, dan pertumbuhan ekonomi yang mengangkat banyak orang dari kemiskinan. Tapi dia kemudian bergerak untuk menekan kebebasan dan media dan memusatkan lebih banyak kekuasaan di tangannya sendiri, terutama setelah upaya kudeta gagal yang menurut Turkiye didalangi oleh ulama Islam Fethullah Gulen yang berbasis di AS. Ulama membantah terlibat.

Saingan Erdogan adalah mantan pegawai negeri berwatak halus yang memimpin Partai Rakyat Republik atau CHP yang pro-sekuler sejak 2010.

Dalam upaya panik untuk menjangkau pemilih nasionalis dalam putaran kedua, Kilicdaroglu berjanji untuk mengirim kembali pengungsi dan mengesampingkan negosiasi damai dengan militan Kurdi jika dia terpilih.

Baca Juga: Inggris Dilanda Krisis, Perempuan Terpaksa 'Open BO' buat Bertahan Hidup

Di Diyarbakir yang mayoritas Kurdi, pekerja logam berusia 37 tahun Ahmet Koyun mengatakan semua orang harus menerima hasilnya.

“Sangat menyedihkan atas nama rakyat kami bahwa pemerintah dengan korupsi seperti itu, noda seperti itu, telah berkuasa kembali. Pak Kemal akan sangat bagus untuk negara kita, setidaknya untuk perubahan suasana, ”katanya.

Partai AKP Erdogan dan sekutunya mempertahankan mayoritas kursi di parlemen setelah pemilihan legislatif yang juga diadakan pada 14 Mei.

Minggu juga menandai peringatan 10 tahun dimulainya protes massal anti-pemerintah yang pecah atas rencana untuk mencabut pohon di Taman Gezi Istanbul, dan menjadi salah satu tantangan paling serius bagi pemerintah Erdogan.

Tanggapan Erdogan terhadap protes, di mana delapan orang dihukum, merupakan pertanda tindakan keras terhadap masyarakat sipil dan kebebasan berekspresi.

Menyusul pemungutan suara 14 Mei, pengamat internasional menunjuk pada kriminalisasi penyebaran informasi palsu dan penyensoran online sebagai bukti bahwa Erdogan memiliki “keuntungan yang tidak dapat dibenarkan.” Mereka juga mengatakan bahwa jumlah pemilih yang kuat menunjukkan ketahanan demokrasi Turki.

Erdogan dan media pro-pemerintah menggambarkan Kilicdaroglu, yang mendapat dukungan dari partai pro-Kurdi negara itu, berkolusi dengan “teroris” dan mendukung apa yang mereka gambarkan sebagai hak LGBTQ yang “menyimpang”. (net/akh)

Lebih baru Lebih lama