Program Pemkab Desa Bersinar, Antisipasi Peredaran Narkotika di Balangan

PEMUSNAHAN: Bupati Balangan Abdul Hadi turut memusnahkan barang bukti - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Program Desa Bersih Dari Narkoba (Bersinar) adalah salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Balangan untuk menjadikan kabupaten Balangan bersih dari peredaran narkoba.

Bupati Balangan, Abdul Hadi, mengatakan menurut laporan yang diterima dari Lembaga Pemasyarakatan Amuntai narapidana kabupaten dari Kabupaten Balangan kebanyakannya terjerat kasus narkoba.

BACA JUGA: DPRD Kalsel Sambut Baik Kedatangan KASAD di Banua

"Kami telah berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menjalankan program Desa Bersinar bebas narkoba,"katarnya seusai kegiatan pemusnahan barang bukti di Polres Balangan, Kamis (6/6/2024).

Untuk membantu program tersebut, Abdul Hadi menyebut pemerintah daerah juga berkerja sama dengan Polres Balangan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Balangan.

"Hal ini  terbukti adanya pemusnahan narkotika hari ini, itu menunjukkan bahwa adanya kinerja jajaran Polres Balangan," katanya.

Kasat Resnarkoba Polres Balangan, Iptu Popo Hartopo mengatakan berdasarkan data yang ada, Kabupaten Balangan termasuk kabupaten yang terhitung rendah dari peredaran narkoba.

"Kami selalu memberikan imbauan baik itu ke sekolah- sekolah maupun perusahaan terkait bahaya dan ancaman narkoba. Walaupun di kabupaten Balangan ini kasus peredaran narkoba terhitung rendah, jangan sampai nantinya kita berada di tengah-tengah bahkan di atas," jelasnya.

BACA JUGA: Kartu Merah, Timnas Indonesia Dibungkam Irak di GBK

Sementara itu, Kasi Humas Polres Balangan, Iptu Eko Budi Mulyono menyampaikan peran masyarakat sangat penting dalam membantu  pengungkapan kasus peredaran narkoba di Kabupaten Balangan.

"Kami mengharapkan kepada masyarakat Kabupaten Balangan agar melaporkan apabila ada peredaran narkoba di wilayahnya," tutupnya. (mcb/rz/ak)

Lebih baru Lebih lama