Gelaran Pasar Murah Muhammadiyah, Launching Rumah SembakoMu

PASAR MURAH: Launching Rumah SembakoMu rangkaian Rakerwil Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (MEBP) PW Muhammadiyah Kalsel - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Muhammadiyah Kalsel melalui Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata (MEBP) Opening Rumah SembakoMu sekaligus gelaran Pasar Murah di Café Nostalgia, Kota Banjarmasin, Sabtu (22/6/2024).

Hadir Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata (MEBP) PP Muhammadiyah Dr Arif Budimanta, Ketua PW Muhammadiyah Kalsel Prof H Ridhahani Fidz, Ketua Majelis Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata (MEBP) PW Muhammadiyah Kalsel H Aftahudin, dan unsur PD Muhammadiyah se-Kalsel.

Menurut Aftahudin, Launching Rumah SembakoMu rangkaian Rakerwil Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (MEBP) PW Muhammadiyah Kalsel. 

“Kebutuhan untuk warga Muhammadiyah dan masyarakat umum tersedia di Rumah SembakoMu, dengan harga terjangkau,” harap H Aftahudin.

Ia mengakui, hadirnya Rumah SembakoMu memberikan kontribusi pengembangan ekonomi, bisnis dan pariwisata di Kalsel. “Sembako dapat dipasok dari petani-petani Muhammadiyah, dan pelaku usaha lainnya, yang bisa menyuplai ke Rumah SembakoMu,” jelasnya.

Direncanakan Rumah SembakoMu, sambungnya, berada di semua kabupaten/kota dengan mencari orang yang berpotensi untuk mengelola dan menjalankan Rumah SembakoMu, sebab tanggung jawabnya sangat besar terkait keuangan serta stok barang.

"Rumah SembakoMu tentu berada di lokasi yang terjangkau bagi masyarakat. Kita tak membatasi lokasi Rumah SembakoMu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Kalsel Prof Dr H Ridhahani Fidzi mengaku Rumah SembakoMu merupakan program ekonomi masyarakat. Mengingat kondisi masyarakat cukup kesulitan dalam pemenuhan ekonomi, khususnya sembako.

"Jadi rangkaian Rakerwil Majelis Ekonomi Bisnis dan Pariwisata (MEBP), hadirnya Rumah SembakoMu untuk mengantisipasi himpitan ekonomi masyarakat, khususnya akar rumput Muhammadiyah," tandasnya.

Dalam visi dan program Majelis Ekonomi Bisnis Pariwisata (MEBP) Muhammadiyah membangkitkan semangat etos kerja (etos kreativitas ekonomi masyarakat) hingga ke daerah. 

“Nanti ada jaringan pendistribusian melalui Rumah SembakoMu ke daerah-daerah, dan pangsa pasarnya sangat tinggi. Coba bayangkan, untuk warga Muhammadiyah saja sangat banyak, ditambah lagi masyarakat umumnya,” ujarnya.

Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin ini, juga mencontohkan, untuk penyedian air mineral saja dalam pengajian masjid-masijd Muhammadiyah sangat kewalahan, belum lagi yang lainnya. 

“Ini sangat tepat hadir Rumah SembakoMu, sebab sangat terkait dengan kebutuhan ekonomi masyarakat," imbuhnya. (af/ak)

Lebih baru Lebih lama