POPDA Kalsel 2024, Atlet Balangan Siap Bertanding

PARADE: Para Atlet Popda Balangan mengikuti parade pembukaan - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalimantan Selatan Tahun 2024 resmi dimulai dengan upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan Lambung Mangkurat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), pada Senin (13/5/2024). 

Ratusan atlet pelajar dari seluruh Kalimantan Selatan ikut serta dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati HSS, Hermansyah, menjelaskan bahwa POPDA 2024 akan berlangsung dari tanggal 12 hingga 19 Mei, dengan mempertandingkan delapan cabang olahraga. Acara ini diikuti oleh perwakilan dari 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

BACA JUGA: Kebijakan Makroprudensial untuk Mendorong UMKM

Kabupaten Balangan juga turut ambil bagian dalam ajang olahraga ini. Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan mengirimkan para atletnya dengan harapan dapat mencapai peringkat lima besar dalam POPDA 2024.

"Tahun lalu kita finis di peringkat 11, tahun ini Insya Allah kami sangat yakin dan optimis dapat masuk peringkat lima besar," ujar Plt. Kepala Disporapar Kabupaten Balangan, Melda Risda Elfa.

Melda menambahkan bahwa dukungan penuh dari kepala daerah terhadap para atlet, pelatih, dan ofisial tim meningkatkan motivasi mereka. Dia optimis bahwa target peringkat lima besar dapat tercapai berkat dorongan dan fasilitas yang telah disediakan.

Lebih lanjut, Melda menyebutkan bahwa atlet yang berhasil meraih juara satu akan diberi hadiah berupa rekreasi ke Bali. Anggaran tahun ini juga telah ditingkatkan, diharapkan hasilnya akan sepadan dengan dukungan yang diberikan oleh bupati.

"Pemda telah menyediakan bonus dan tiket ke Bali bagi atlet yang berprestasi. Anggaran juga sudah ditingkatkan, semoga hasilnya sepadan dan tidak mengecewakan," harap Melda.

Melda juga menyebutkan bahwa cabang olahraga pencak silat menjadi unggulan Kabupaten Balangan dalam meraih medali.

BACA JUGA: Keberpihakan QRIS kepada Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Sementara itu, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya POPDA tahun ini.

"Alhamdulillah, kita bisa kembali menggelar POPDA. Kami berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk generasi muda kita ke depannya," ujar Paman Birin.

Menurut Paman Birin, POPDA tidak hanya bertujuan mencetak atlet berprestasi, tetapi juga membina jiwa dan raga mereka untuk menjadi pribadi yang tangguh, terampil, dan kuat. 

"Lebih dari itu, POPDA diharapkan mampu membentuk generasi emas Indonesia melalui bidang olahraga,"tukasnya. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama