Lepas Secara Resmi Jamaah Haji Kloter I Banjarmasin, Paman Birin Doakan Mabrur

SAMBUTAN: Paman Birin memberikan sambutan saat melepas kloter pertama jemaah haji embarkasi Banjarmasin - Foto Adp

HABARDIGITAL.COM, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor atau Paman Birin secara resmi melepas jamaah haji kelompok terbang (Kloter) BDJ 01 yang berasal dari Kabupaten Banjar, Minggu (12/05/24) di Aula Jeddah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengajak para jamaah haji untuk bersyukur kepada Allah SWT karena mendapat giliran mengunjungi tanah suci Mekkah dan Madinah untuk melaksanakan ibadah haji. 

BACA JUGA: Pemusnahan Narkoba, Paman Birin Apresiasi Kinerja Polda Kalsel

“Saya atas nama pribadi dan selaku Gubernur Kalsel beserta keluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji, teriring doa mudah-mudahan jamaah semua mendapatkan haji yang mabrur,” harapnya.

Gubernur berharap jamaah haji Kloter BDJ 01 yang berasal dari Kabupaten Banjar berangkat dan pulang kembali ke banua dalam keadaan selamat. 

“Mudah-mudahan jamaah semua mendapatkan rahmat dan syafaat baginda Rasul dan mendapatkan ridha dari Allah SWT,” harapnya.

Dilaporannya Kepala Kantor Wilayah (Ka.Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banjarmasin dilaporannya mengatakan jemaah haji Embarkasi Banjarmasin Tahun 1445 H / 2024 M yang akan diberangkatkan melalui Bandara Syamsudin Noor berjumlah 5.759 jemaah. 

Dari Prov. Kalsel 4.071 jemaah dan Prov. Kalteng 1.688 jamaah yang terbagi dalam 19 kloter.

Untuk jamaah haji Kloter BDJ 01 berasal dari Kabupaten Banjar berjumlah 315 jamaah dengan 5 petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter, Pembimbing Ibadah dan 3 Petugas dari Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (1 Dokter dan dibantu 2 perawat) dan dibantu 3 Petugas Haji Daerah (PHD). 

“Untuk Kloter BDJ 01 jumlah jamaah dan petugas yang diberangkat sesuai dengan rencana yakni sebanyak 320 jemaah/tidak ada open sheet. Terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Banjar yang telah memenuhi kuota untuk BDJ 01,” tambahnya.

BACA JUGA: Bus Rombongan Pelajar SMK Kecelakaan di Ciater, Polres Depok: 11 Orang Tewas

Lebih lanjut Tambrin mengatakan jamaah haji Kloter BDJ 01 akan diterbangkan dari Bandara Syamsudin Noor pada hari ini tanggal 12 Mei 2024 pukul 08.40 Wita dengan menggunakan pesawat Airbus 340_300 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8101. 

“Dan direncanakan mendarat di Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pukul 16.40 WAS,” katanya.

Tambrin mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel selaku Koordinator PPIH Embarkasi Banjarmasin yang telah memberikan arahan dan bimbingannya. 

“Juga ucapan terima kasih kepada Acil Odah selaku Kepala Dinas Kesehatan dan Wakil Ketua PPIH Embarkasi Banjarmasin yang telah memfasilitasi, evaluasi dan koordinasi tentang kesehatan jamaah haji,” tandasnya di kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Prov. Kalsel beserta Forkopinda Kalsel, Kepala Kanwil Kemenkumham beserta jajaran, dan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia. (adp/ak)

Lebih baru Lebih lama