Apa Arti All Eyes on Rafah yang Lagi Viral di Media Sosial?

ILUSTRASI: Wilayah Rafah juga tak luput dari serangan Israel - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, - Bagi kamu yang sering berselancar di media sosial mungkin sempat melihat frasa "All Eyes on Rafah" yang viral. Frasa ini memang sedang ramai dibicarakan oleh warganet di media sosial, Ma.

Walau begitu, masih ada beberapa warganet yang belum paham itu. Alhasil, banyak yang kemudian mencari arti "All Eyes on Rafah". Kira-kira apa arti All Eyes on Rafah yang lagi viral di media sosial?

BACA JUGA: Gelaran Internasional KTT WWF Ke-10 di Bali Selesai, PLN Sukses Kawal Kelistrikan Tanpa Kedip

Rangkuman informasinya sudah Popmama.com rangkumkan secara detail berikut ini. Ayo, disimak!

Apa Arti All Eyes on Rafah?Frasa "All Eyes on Rafah" berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti "Semua mata tertuju pada Rafah". Frasa ini berkaitan dengan serangan yang dilakukan oleh Israel di perbatasan Rafah. Serangan itu menyebabkan banyak orang tewas, termasuk anak-anak dan perempuan.

Berangkat dari itu, frasa ini merupakan bentuk seruan untuk seluruh masyarakat dunia agar semua memperhatikan apa yang kini terjadi di Rafah dan tak abai dengan peristiwa yang terjadi di sana.

Sebelumnya, seruan ini sudah mulai digemakan saat Israel menyerang Rafah pada bulan Februari 2024 lalu. Frasa ini kemudian diserukan oleh para pendukung Palestina setelah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyatakan pasukannya akan maju ke Rafah.

BACA JUGA: Halalbihalal Bersama Paman Birin, Bubuhan Banjar di Kalbar Merasa Seperti Pulkam

Di Manakah Letak Rafah? Rafah merupakan kota kuno yang telah dikenal sebagai gerbang Utara Sinai yang menghubungkan antara Mesir dengan Levant yang kini mencakup wilayah Palestina, Israel, Lebanon, Suriah, dan Yordania.

Luas daerah ini sekitar 60 kilometer persegi dengan populasi di dalamnya mencapai 191 juta jiwa pada tahun 2021 lalu. Akan tetapi, kini populasi kota itu diperkirakan terdiri dari 1,5 juta orang Palestina.Wilayah yang dalam bahasa Ibrani disebut 'Rafiah' itu telah menjadi tempat berlindung bagi jutaan pengungsi dari wilayah lain di Gaza. Mereka berlindung di sana untuk menghindari serangan dari Israel.

Kini, Rafah ikut kena serangan dari Israel, sehingga masyarakat dunia geram dan mulai menyerukan "All Eyes on Rafah".

All Eyes on Rafah juga Menggambarkan Ketegangan di Kota itu. Fakta menariknya, seruan ini ternyata juga ikut menggambarkan tentang situasi ketegangan yang terjadi di kota tersebut yang nasibnya kemungkinan ditentukan oleh berhasil atau tidaknya perundingan yang dimediasi oleh Mesir, AS, dan Qatar mengenai kemungkinan kesepakatan gencatan senjata, termasuk pembebasan sisa sandera Israel oleh Hamas.

Beberapa video yang beredar mengenai Rafah banyak menunjukkan soal aktivitas serangan Israel di area tersebut. Rafah sendiri adalah wilayah paling Selatan di Gaza yang berbatasan dengan semenanjung Sinai di Mesir.

BACA JUGA: Jasa Raharja Kalsel Adakan Rakor Forum Komunikasi Lalu Lintas di Tanah Laut

Saat ini, frasa "All Eyes on Rafah" pun banyak digaungkan oleh warganet di media sosial, seperti Instagram, X, hingga TikTok dengan tujuan untuk menunjukkan rasa kepedulian mereka terhadap warga Palestina atas apa yang saat ini terjadi di Rafah.

Jadi, itulah rangkuman informasi mengenai arti "All Eyes on Rafah" yang kini ramai di media sosial. Lewat informasi di atas, Mama tentunya jadi paham arti dari frasa tersebut. (net/ak)

Lebih baru Lebih lama