Resmi, AHY Jadi Menteri ATR Gantikan Hadi Tjahjanto di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin

WAWANCARA: Presiden Jokowi bersama dua Menterinya yang baru dilantik jabatan - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat, Agus Harmurti Yudhoyono, resmi masuk dalam kabinet Presiden Joko Widodo-Wapres KH Maruf Amin.

AHY, begitu panggilan Agus Harimurti, dilantik menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (21/2/2024).

AHY menduduki posisi Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Hadi Tjahjanto yang bergeser posisi menjadi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri setelah maju sebagai Cawapres.

BACA JUGA: Berikut Daftar Jajaran Direksi Baru Subholding dan Anak Usaha PT Pertamina

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo di Jakarta, tanggal 20 Februari 2024.

Usai pembacaan Keppres, Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah jabatan para menteri yang dilantik tersebut.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

BACA JUGA: Bersedia Jadi Tuan Rumah Porwanas 2024, Paman Birin Dipuji Ketua PWI Pusat Dihadapan Presiden

Turut hadir dalam pelantikan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. (nt/ak)

Lebih baru Lebih lama