Diperkirakan Terbesar di Asia, Jamaah Haul Guru Sekumpul Terus Meningkat Tiap Tahun

JAMAAH: Kota Serambi Mekah Martapura dipenuhi para jemaah haul - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BANJAR – Dari tahun ke tahun, Haul Guru Sekumpul selalu dipadati masyarakat, jumlahnya terus meningkat.

Haul Guru Sekumpul merupakan agenda tahunan di kota Banjarbaru untuk memperingati wafatnya Tuan Guru Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari atau Abah Guru Sekumpul, seorang ulama besar dari Kalimantan yang sosoknya terkenal di pelosok negeri hingga belahan dunia lainnya.

Haul Guru Sekumpul tidak hanya merupakan acara keagamaan tetapi telah menjadi bagian dari kegiatan budaya masyarakat di Kalimantan Selatan, khususnya Banjarbaru. 

Sejak belasan tahun lalu, haul ini selalu menarik kehadiran jutaan pengunjung dan diperkirakan menjadi acara haul terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia. Haul ini menjadi perhatian khusus dan didukung penuh oleh pemerintah kota setempat hingga provinsi Kalimantan Selatan.

Jamaah yang datang bukan hanya dari  Kalimantan tapi luar pulau hingga dari mancanegara. Berbagai macam cara ditempuh para jemaah atau peziarah yang ingin turut hadir dalam Haul tersebut, bahkan ada yang rela berjalan ratusan kilometer berhari-hari.


“Kegiatan Haul Guru Sekumpul ini merupakan kegiatan akbar bagi masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di Banjarbaru," ucap Zali, salah satu Relawan damkar di Kota Banjarbaru, Minggu (14/1/2024).


Begitu euforia dan antusiasnya, seluruh masyarakat diberbagai wilayah Kalsel bahkan hingga provinsi tetangga Kalteng, Kaltim, Kalbar saling bahu membahu dengan ikhlas menyediakan Posko Rest Area untuk para wisatawan peziarah. Posko ini dipersiapkan sebagai tempat beristirahat, tersedia makanan dan minuman gratis.

Bukan cuma itu, demi kelancaran perjalanan para jemaah, juga tersedia jasa service bengkel motor dan BBM gratis dari warga. Tidak hanya itu berbagai instansi swasta dan pemerintahan semua berlomba memberikan pelayanan terbaik dengan satu niat, mencari keberkahan dari Allah SWT.

"Semoga para jemaah, relawan dan seluruh masyarakat yang dengan keikhlasannya mensukseskan Haul Guru Sekumpul mendapatkan keberkahan dunia akhirat," tutup Zali. (fs/ak)

Lebih baru Lebih lama