Bakesbangpol Balangan Sosialisasi dan Simulasi Pemilu untuk Pemilih Pemula di Sekolah

SOSIALISASI: Bakesbangpol Balangan menggelar kegiatan sosialisasi dan simulasi Pemilu 2024 - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN – Kepala Bakesbangpol H. Syaifuddin Tailah menyampaikan bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Balangan telah  melakukan sosialisasi dan simulasi pemilu serentak 2024 untuk pemilih pemula di tiga sekolah SLTA yang lokasi berbeda, hingga ke pelosok desa di Kabupaten Balangan. 

BACA JUGA: Hasil Imbang Oman Antarkan Timnas Indonesia Cetak Sejarah Lolos ke 16 Besar Piala Asia


"Kami ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat khususnya pemilih pemula di Kabupaten Balangan memahami proses pemilihan umum dengan baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi," ucapnya.


Kegiatan ini penting dilakukan guna meningkatkan pemahaman masyarakat apa lagi di lokasi yang terpencil di pelosok-pelosok desa yang jarang mendapatkan informasi edukasi tentang pemilu 2024 serta pentingnya hak suara dan peran serta mereka dalam proses politik masa depan bangsa selama lima tahun. 

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa pemilu yang akan datang berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan asas demokrasi," katanya.

Ia menyebut telah melibatkan pihak-pihak terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Kabupaten Balangan untuk menyampaikan materi dan menjawab pertanyaan dari para pelajar terkait proses pemilu. 

BACA JUGA: Timnas Indonesia Bertemu Raksasa Australia di 16 Besar Piala Asia

"Selain itu, kami juga akan melakukan simulasi pemilu dengan pengenalan cara menggunakan surat suara dan alat peraga yang digunakan dalam pemungutan suara. Kami berharap sesi sosialisasi dan simulasi pemilu ini dapat memberikan pemahaman yang baik kepada parapelajar di Bumi Sanggam untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam proses demokrasi," pungkasnya. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama