Pemko Banjarmasin Dapat Bantuan Kapal Canggih Pembersih Eceng Gondok

KAPAL: Kapal pemebersih eceng gondok di sungai Martapura - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Walikota H Ibnu Sina menyampaikan terima kasih dan ranga bangganya atas bantuan 1 unit kapal Kapal Weed Harvester dari Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III.

Kehadiran kapal ini, menurut Ibnu Sina, sangat membantu jajaran PUPR Kota Banjarmasin untuk pembersihan serta pemeliharaan sungai di Banjarmasin. 

BACA JUGA: Futsal Adaro Cup 2023, Lidia FC Juara, FWE Harus Puas Runner Up

Sementara itu Kepala PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadyah kepada awak media mengakui adanya kapal ini membantu memelihara sungai Martapura yang membelah di Kota Banjarmasin.

Weed Harvester sendiri merupakan kapal pemanen gulma atau pembersih sungai dari eceng gondok yang bakal digunaka pemko Banjarmasin di sungai besar maupun kecil. 


"Untuk pengoperasian sepenuhnya diserahkan kepada Dinas PUPR Banjarmasin. Nantinya akan ada latihan untuk operator untuk mengoperasikan kapalnya," jelas Suri.


Nantinya kata Suri tak menutup kemungkinan ada 2 kapal sapu-sapu yang bekerja di Sungai Martapura di Banjarmasin untuk membersihkan sampah dan eceng gondok yang datang dari hulu. 

BACA JUGA: Pastikan Listrik Andal Pada Malam Natal, Manajemen PLN UID Kalselteng Inspeksi 197 Posko Siaga

"Kalau yang sewa kita lihat kondisi dan volume dari gulma di sungai. Karena itu memang ciri khas di Banjarmasin itu kapal sapu-sapu. Tapi dengan kapal baru ini, bisa membersihkan di sungai yang kecil-kecil," pungkasnya. (af/ak)

Lebih baru Lebih lama