Pemkab Balangan dan Adaro Dukung Pelaksanaan Aruh Balogo

BALOGO: Bupati Balangan bermain logo tandai pembukaan - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Event Aruh Balogo Provinsi 1 Kalimantan Selatan (ARBALPROV) sukses besar digelar di lapangan tenis kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Sabtu (2/12/2023)

Acara yang diselenggarakan oleh Gabungan Olahraga Balogo Indonesia (GOBI) Kabupaten Balangan ini diikuti sekitar 12 Kabupaten kota se-Kalimantan Selatan, dengan total peserta mencapai 644 orang.

Acara di buka oleh Bupati Balangan Abdul Hadi. Dalam sambutannya Bupati terlebih dulu mengucapkan selamat kepada GOBI Kalsel dan GOBI Balangan yang turut dikukuhkan.


"Sudah legal, jadi sekarang bisa membuat proposal dan meminta dukungan dari masing-masing Bupati untuk membesarkan GOBI di kabupaten masing-masing," ujar Bupati sambil tersenyum.


Dalam pidatonya Bupati menegaskan harapannya, agar permainan Balogo dapat mendunia seperti golf.

 "Balogo ini mirip dengan golf, harus tenang dan fokus. Kita berharap Balogo bisa mencapai level Internasional," ujarnya.

Ketua Pelaksana ARBALPROV 1, H Yazid Fahri, dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan UU No 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan Nasional yang bertujuan menjalankan visi dan misi olahraga serta mempererat silaturahmi.

Sementara itu, Ketua Gobi Kalsel H Suwardi Sarlan saat wawancara mengungkapkan rasa syukur atas pengukuhan GOBI se Kalsel. Pihaknya bakal berupaya mengembangkan permainan ini.

"Event ini kita tunggu-tunggu sejak 2001, pengukuhan malam tadi menjadi tonggak bersejarah, alhamdulillah berjalan lancar. Komitmen kita adalah mengangkat permainan tradisional ini menjadi olahraga yang mendunia," ucapnya.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Balangan dan PT Adaro atas dukungnya, Ia berharap terus mendapatkan dukungan.

"Dengan adanya medali, kejuaraan ini semakin luar biasa, dan kita berharap ini menjadi dorongan bagi pemerintah di seluruh Kalsel untuk lebih mendukung olahraga tradisional," pungkas H Suwardi Sarlan. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama