Ciptakan Pelayanan Hemodialisis, Dinkes Balangan dan RSUD Datu Kandang Haji Saling Bersinergi

 

WAWANCARA: Saat di konfirmasi oleh awak media belum lama tadi, Akhmad Nasa'i - Foto Dok 

HABARDIGITAL.COM, PARINGIN - Dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Kepala Dinas Kesehatan Balangan, Akhmad Nasa'i, dan Direktur RSUD Datu Kandang Haji, drg. Sudirman, telah bekerja sama untuk mengupayakan pelayanan hemodialisis di RSUD Balangan. 

Saat di konfirmasi oleh awak media belum lama tadi, Akhmad Nasa'i menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Balangan berkomitmen untuk menyediakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam pelayanan hemodialisis. 


"Dinkes Balangan akan berupaya meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga medis yang akan bertugas di unit hemodialisis RSUD Balangan," ungkap Nasa'i, Senin (4/12/2023).


Sementara itu, drg. Sudirman menyampaikan bahwa RSUD Balangan telah memiliki gedung dan peralatan yang memadai untuk pelayanan hemodialisis. Namun, kendala utama yang dihadapi adalah tenaga medis yang terbatas. Oleh karena itu, RSUD Balangan akan menjalin kerja sama dengan Dinkes Balangan, termasuk memberikan pendidikan kepada petugas kesehatan.

"Dengan adanya fasilitas dan peralatan yang sudah ada, RSUD Balangan siap untuk meningkatkan kapasitas pelayanan dan memberikan perawatan yang berkualitas kepada pasien yang membutuhkan hemodialisis," kata drg. Sudirman.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, RSUD Balangan dan Dinas Kesehatan Balangan akan bekerja sama dengan lembaga pendidikan dan pelatihan terkait untuk menyelenggarakan program pelatihan bagi tenaga medis. Program pendidikan ini akan meliputi pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan prosedur hemodialisis, pengelolaan peralatan, serta pemantauan dan penanganan komplikasi yang mungkin terjadi.

"Melalui upaya-upaya ini, diharapkan pelayanan hemodialisis di RSUD Balangan dapat dilakukan dengan baik, sehingga masyarakat Balangan dapat mendapatkan perawatan yang berkualitas dan memadai," pungkas drg. Sudirman.

Dengan sinergi antara Dinkes Balangan dan RSUD Datu Kandang Haji, diharapkan pelayanan hemodialisis di RSUD Balangan akan cepat terealisasi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Ini juga merupakan bentuk komitmen dari kedua instansi untuk terus meningkatkan pelayanan. (rz/ak)

Lebih baru Lebih lama