Simposium Nasional, Paman Birin: Kalsel Siap Jadi Mitra dan Pendukung IKN

SINERGITAS: Pemprov Kalsel melalui Diskominfo Kalsel menggelar Simposium Nasional - Foto Istimewa


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN – Kalimantan Selatan memastikan dan menyatakan kesiapannya sebagai daerah penyangga sekaligus pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel menggelar Simposium Nasional bertajuk Konektivitas dan Sinergitas Kalimantan dalam Persiapan IKN, bertempat di Mahligai Pancasila Banjarmasin, bekerjasama dengan Banjarmasin Post dan dihadiri sekitar 700 peserta dari berbagai instansi baik secara luring dan daring. Kamis (9/11)

BACA JUGA: Didukung Penuh Paman Birin, Uncle Hard Enduro 2023 Siap Digelar, Catat Tanggalnya!

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin dalam sambutannya secara daring mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur merupakan proyek strategis nasional yang di lakukan Pemerintah Pusat dalam upaya pemerataan pembangunan di Indonesia.


“Sebagai provinsi yang akan menjadi tuan rumah IKN, kita Kalimantan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar dalam mensukseskan pembangunan ini,” ucap Paman Birin.


Paman Birin mengungkapkan, dalam mendukung pembangunan IKN, diperlukan juga sinergisitas antara Pemerintah Daerah bersama berbagai elemen masyarakat guna menggali potensi dari berbagai sektor khususnya sektor pangan, pariwisata, umkm dan ekonomi krearif yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.“Maka dari itu, semoga melalui simposium ini dapat merumuskan langkah konkret dalam mewujudkan sinergi dan optimalisasi potensi daerah masing-masing serta berbagai peluang dan tantangan yang akan muncul, sehingga Kalsel beserta seluruh provinsi di kalimantan dapat menjadi mitra dan pendukung Ibu Kota Nusantara,” jelasnya.

Paman Birin juga memberikan apresiasi kepada kepala daerah, para akademisi dan praktisi yang telah berkontribusi dalam mensuksekan simposium ini guna menggali berbagai gagasan terkait aspek konektivitas dan sinergi antarwilayah di Kalimantan dalam persiapan IKN.

BACA JUGA: Pentas Bersejarah, Festival Kiram Arts Festival 2023 Resmi Dibuka Paman Birin

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Prov. Kalsel, M Muslim mengatakan para narasumber berasal dari Otorita IKN, Kementerian PUPR, kepala daerah dan SKPD 4 provinsi di Kalimantan (Kalteng, Kaltara, Kalbar dan Kaltim), media massa, PWI, akademisi, mahasiswa, asosiasi, serta pengusaha.

“Intinya, Somposium ini diharapkan mampu mewujudkan sinergitas pembangunan infrastruktur Kalimantan dalam mempersiapkan IKN,” katanya.

Muslim menambahkan, dalam Simposium Nasional, lima Gubernur di Kalimantan juga akan menyampaikan sambutan dan pernyataan komitmen dalam menyambut IKN.

“Semoga simposium ini dapat menciptakan momentum untuk timbulnya inisiatif-inisiatif lintas sektor yang mendukung persiapan IKN,” harap Muslim. (wsk/ak)

Lebih baru Lebih lama