Kalsel Raih 5 Besar STQH ke XXVII Tingkat Nasional 2023 di Jambi, Paman Birin Berikan Apresiasi

 

PRESTASI: Kalsel berhasil menduduki peringat 5 besar nasional - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, JAMBI – Kafilah Kalimantan Selatan berjaya dan meraih hasil peringkat ke-5 dalam Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Al-Hadis (STQH) Nasional XXVII yang digelar di Provinsi Jambi.

Pada penutupan Senin (6/11/2023) malam, Kalsel berjaya dengan raihan prestasi para kafilahnya.

Keberhasilan Kalsel ini tak lepas dari hasil para kafilah yang meraih juara pada beberapa golongan. Yakni, Juara 2 Tilawah Golongan Dewasa Putri Hj. Nida Khairiyah, kemudian Juara 1 Golongan 1 Juz & Tilawah Putri oleh Difa Salma Pertewi serta Juara 2 Golongan 5 Juz & Tilawah Putri oleh Mufidhatul Husna.

BACA JUGA: Samosir Didaulat Jadi Ketua Tim Pemenangan Capres-cawapres Ganjar dan Mahfud di Banjarmasin

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas keberhasilan para kafilah Kalsel yang bertanding pada STQH di Jambi.


“Atas nama pribadi, pemerintah provinsi serta warga Banua, Ulun sampaikan selamat dan terimakasih atas keberhasilan kontingen STQH Kalsel Tahun 2023 yang meraih peringkat 5 besar” kata Paman Birin.


Pun hasil ini cukup menggembirakan, Paman Birin tetap memberikan semangat agar prestasi yang diraih ini terus ditingkatkan pada kegiatan-kegiatan selanjutnya.

“Prestasi ini menjadi penyemangat untuk terus menorehkan hasil terbaik. Baik itu dalam STQH selanjutnya, maupun penggelaran MTQ Nasional yang akan datang,” pesan Paman Birin.

Pada STQH 2023 ini, Kalsel mengikutkan sebanyak 20 orang kafilah. Adapun cabang lomba yang diikuti kafilah Kalsel, yakni tilawah anak-anak, tilawah dewasa, tahfiz dari 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz. Kemudian, tafsir bahasa Indonesia dan Arab, serta hafal hadir 100 hadits dengan sanadnya dan 500 hadits dengan sanadnya.Berdasarkan keputusan Dewan Hakim yang ditandatangani oleh Ketua Dewan KH. Hakim Ahsin Sakho Muhammad dan Sekretaris Dewan Hakim H. Muh Rusli Masengge setelah sidang pleno pada Senin 6 Nopember 2023, pada STQH 2023 in Provinsi Jawa Timur (Jatim) meraih juara umum.

BACA JUGA: OJK Menilai, Per September 2023 Sektor Jasa Keuangan di Kalsel Tetap Stabil

Adapun peringkat peringkat 10 besar STQH di Jambi adalah Jatim, DKI, Sumsel, Kepri, Jabar dan Riau. Lalu Kalsel dan Aceh, Sumut, Sulsel, Sulteng, Kepulauan Bangka Belitung dan Jambi serta Sumatera Barat.

STQH ke XXVII tingkat Nasional 2023 di Provinsi Jambi pada hari Senin 30 Oktober 2023 lalu dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan ditutup pada Senin (6/11) malam.

Penutupan STQH ke XXVII ini dihadiri Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdulah H. Amod, Ketua LPTQ Nasional, Imam Besar Masjid Istiqlal, dan sejumlah Gubernur.

Gubernur Jambi Al Haris dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih kepada seluruh undangan dan kafilah yang telah hadir di Provinsi Jambi.

Dia berharap, STQH ke-XXVII tingkat Nasional di Provinsi Jambi dapat memberikan kesan terbaik bagi seluruh undangan dan kafilah.

“Kami mohon maaf apabila masih banyak kekurangan selaku kami sebagai tuan rumah penyelenggara STQH,” sebut Gubernur Jambi. (wsk/ak)

Lebih baru Lebih lama