OJK Dorong Perbankan Beri Akses Layanan Ramah Penyandang Disabilitas

DISKUSI: Kepala OJK Regional 9 Kalimantan saat berdiskusi dengan media - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kian gencar memberikan literasi keuangan kepada masyarakat, khususnya para penyandang disabilitas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala OJK Regional 9 Kalimantan Darmansyah, terkait industri jasa keuangan yang harus ramah terhadap semua kalangan.


"Ramah disini bukan hanya dari segi pelayanan saja, namun juga dari infrastruktur yang ramah terhadap kaum disabilitas," ungkapnya, Senin (16/10/2023) disela bincang bersama media.


Darmansyah mengungkapkan bahwa mereka kaum disabilitas ini memiliki hak yang sama dalam mengakses keuangan perbankan.

"Langkah awal yang akan kami lakukan adalah memberikan pelatihan kepada customer service perbankan, sehingga tidak ada alasan untuk enggan melayani kepada kaum disabilitas," ujarnya.

OJK bersama dengan Bank BRI akan mengedukasi kaum disabilitas yang khususnya tunanetra, yang dalam hal ini akan dibimbing bagaimana cara membuka rekening hingga cara mengoperasikan mesin ATM.

"Tentunya semua bank milik negara, termasuk juga bank kalsel, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para kaum penyandang disabilitas ini," tambahnya.

Ia berharap agar para penyandang disabilitas ini kedepannya mereka bisa melakukan transaksi di perbankan dan memudahkan mereka mendapat pelayanan terbaik dari perbankan.

"Semoga semua upaya yang akan kita lakukan berjalan dengan baik dan lancar," tukasnya. (af/ak)

Lebih baru Lebih lama