Berlangsung 3 Hari, FBBS 2023 Resmi Dibuka Bupati Balangan

PEMBUKAAN: Bupati Balangan resmi membuka FBBS - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Festival Budaya Banua Sanggam (FBBS) 2023 di Balangan resmi di buka Bupati Balangan H Abdul Hadi ditandai dengan memukul gong, Senin (4/9/2023), di Lapangan Ruang Terbuka Hijau  (RTH) Kecamatan Paringin Selatan. 

Berlangsung dari tanggal 4-6 September 2023, pembukaan turut disaksikan masyarakat dengan iring iringan pawai budaya yang diikuti ratusan peserta.

Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini, terdapat berbagai macam rangkaian kegiatan mulai dari kegiatan pawai budaya, pameran tradisional, pergelaran tari tradisional, teater tradisional, lomba permainan tradisional, dan terakhir adalah rangkaian kegiatan jelajah cagar budaya Kabupaten Balangan.

Dalam Sambutannya Bupati Balangan, H. Abdul Hadi, dengan tegas menyuarakan kekhawatiran tentang erosi identitas kedaerahan akibat globalisasi yang tak kenal batas.

Namun, festival ini bukan sekadar pawai budaya biasa. Terlebih lagi, festival ini dianggap sebagai jalan untuk menggali dan memperkuat rasa cinta masyarakat terhadap warisan budaya daerah. 


"Kebudayaan lokal memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi kreatif. Generasi muda juga menjadi sorotan utama dalam festival ini. Mereka dianggap sebagai penjaga masa depan kebudayaan daerah," ucapnya.


Bupati juga, mengajak semua orang untuk aktif menyaksikan pertunjukan dan acara budaya serta mengajak untuk tumbuh dengan cinta pada budaya daerah sejak dini.

"Mari kita semua berpartisipasi aktif dengan mengajak tetangga dan teman-teman untuk hadir dan merasakan pesona festival ini," tuturnya.

"Festival Banua Sanggam, bukan sekedar perayaan budaya, melainkan juga wadah untuk membangkitkan kreativitas serta menyelamatkan warisan budaya daerah dari kemungkinan punah," imbuhnya.(rza/akh)

Lebih baru Lebih lama