Rumah Sakit Datu Kandang Haji berikan Edukasi ASI

EDUKASI: RS Datu Kandang Haji berikan edukasi - Foto Dok


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Rumah Sakit Datu Kandang Haji Kabupaten Balangan memperingati Hari ASI Sedunia yang biasa diperingati dari tanggal 1 sampai 7 Agustus setiap tahun.

dr. Ratna Indriyani, Sp.A,M.Biomed, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya pemberian ASI eksklusif serta mendukung ibu-ibu yang bekerja untuk tetap dapat menyusui.


"Mengambil tema enable residing Reference for working parents artinya mengaktifkan menyusui membuat perbedaan bagi orang tua yang bekerja dan kami di sini bersama-sama mendukung ibu sukses menyusui dan bekerja," ujar dr. Ratna Indriyani, Senin (7/8/2023).


BACA JUGA: Camat Paringin Langsung Serahkan Bantuan Santunan Kematian

Adapun rangkaian utama acaranya adalah puncak kegiatan pekan ASI sedunia dimana pihaknya melakukan penyuluhan di poli kandungan kemudian memberikan sharing tentang manfaat dan kandungan asi.

"Pekan asi dan menyusui kemudian persiapan sejak ibu hamil, selanjutnya setiap kendala ada solusi yang bisa kita edukasi untuk orang tua, terutama bagi orang tua yang telah melahirkan, menyusui dan bekerja," ujarnya.

Ia berharap ASI eksklusif bisa terus diberikan, menjadi sangat relevan pada keadaan saat ini, dimana banyak para ibu muda yang sedang meniti karir dan bekerja di perkantoran harus memenuhi perannya sebagai seorang ibu yang harus memberikan ASI kepada buah hatinya, sehingga tidak mengganggu atau menurunkan angka asi eksklusif terutama di Kabupaten Balangan.

"Kami juga memberikan bingkisan berupa buku-buku tentang manfaat asi, kemudian cara perawatan bayi hingga umur satu tahun kemudian buku-buku tentang masa emas 1000 hari pertama kehidupan yaitu sejak bayi dalam kandungan hingga berusia 2 tahun," jelasnya.

BACA JUGA: Belasan Tahun Menunggu, Akhirnya Puluhan PPPK Terima SK Pengangkatan dari Pemkab Balangan

Sementara itu Septia Cahyani, seorang pasien RSUD Datu Kandang Haji Balangan, mengungkapkan kepuasannya atas pelayanan yang diberikan oleh tim medis dan staf rumah sakit.

Menurutnya selama dirawat di rumah sakit, Septia merasakan adanya perhatian penuh dari petugas kesehatan, dan mereka selalu siap membantu dalam setiap kebutuhan medisnya.

"Perawatan yang saya terima di RSUD Datu Kandang Haji Balangan benar-benar luar biasa. Tim medis dan staf sangat ramah, dan mereka dengan cepat merespons setiap permintaan saya. Saya merasa nyaman dan aman selama masa perawatan saya di sini," ujar Septia Cahyani dengan senyum tulusnya.(rza/akh)

Lebih baru Lebih lama