Gelar FGD dan Kunjungi Korban Laka, Jasa Raharja Kalsel bersama Lima Pilar Keselamatan LLAJ Cegah Risiko Kecelakaan Lalin

FOTO BERSAMA: Kelima pilar keselamatan lakalantas berkunjung ke rumah sakit - Foto Istimewa 


HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan bersama Lima Pilar Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) komitmen untuk mencari solusi konkret menekan peningkatan kasus kecelakaan lalu lintas dengan menggelar Focus Group Discussion (FGD) sekaligus melakukan kunjungan pasien korban laka lantas di RSUD Ulin Banjarmasin, Kamis (10/8/2023).

Lima Pilar Keselamatan LLAJ, yaitu:

- Pilar 1 Manajemen Keselamatan Jalan oleh Bappeda Provinsi Kalsel

- Pilar 2 Jalan yang berkeselamatan oleh Dinas PUPR Provinsi Kalsel

- Pilar 3 Kendaraan yang berkeselamatan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel

- Pilar 4 Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan oleh Ditlantas Polda Kalsel

- Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel

Kepala Dinas Perhubungan Kalsel M Fitri Hernadi mengatakan, kegiatan FGD ini merupakan bagian dari upaya mencari solusi untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan.


“Melalui FGD, diharapkan kelima pilar dapat semakin solid untuk menemukan solusi strategis yang tepat guna mengurangi angka kecelakaan,” pungkasnya.


Benyamin Bob Panjaitan sekaligus Kepala PT Jasa Raharja Cabang Kalimatan Selatan mengungkapkan, hari ini rombongannya mengunjungi korban kecelakaan laka lantas di RSUD Ulin sebagai bentuk kolaborasi di antara lima pilar keselamatan LLAJ sekaligus dalam rangka peringatan hari jadi Pemprov Kalsel. 

Dalam paparannya, Ia menyampaikan data kasus kecelakaan lalu lintas mulai data korban berdasarkan usia, jenis kelamin hingga lokasi rawan laka yang banyak merenggut korban jiwa, yakni Jalan Ahmad Yani Km. 10–15 dan Km 40–70 Kab. Banjar, Jalan Propinsi Km. 150–180 Desa Sekapuk Kab. Tanah Bumbu, Jalan Ahmad Yani Km. 20–50 Kel. Bati-Bati Kab. Tanah Laut, dan Jalan Trans Kalimantan Km. 10–30 Kab. Batola. 

Pada kesempatan tersebut, Benyamin Bob turut memberikan informasi mengenai pembayaran santunan yang sudah diserahkan PT Jasa Raharja Cabang Kalimantan Selatan hingga 8 Agustus 2023.

"Total santunan yang sudah kami serahkan mencapai Rp 16,5 miliar dengan rincian Rp 10,9 miliar untuk santunan meninggal dunia dan Rp 5,6 miliar untuk santunan luka-luka, kami menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati saat di jalan raya dan jaga keselamatan selama perjalanan " tambahnya.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan sinergi dan mutu layanan kelima pilar keselamatan LLAJ dalam melakukan pencegahan kecelakaan lalu lintas dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada korban kecelakaan.(jr/akh)

Lebih baru Lebih lama