Dua Pelajar MAN 2 Balangan Mengemban Tugas Pembawa Bendera

PASKIBRAKA: Paskibraka Balangan saat peringatan HUT RI ke 78 - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Menjadi petugas pembawa baki bendera pusaka merupakan posisi yang diinginkan oleh seluruh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Meskipun penuh tantangan, selain itu perlu persiapan mental dan latihan fisik yang menguras keringat. Namun tidak bagi Hafizah dan Martsa, mereka berdua dipercaya mengemban tugas tersebut.

Dari 31 Paskibraka di Balangan yang menggunakan formasi rumah adat Banjar, terdiri 1 Danpas, pasukan pengawal 4 orang dan terpilihlah 2 siswi terbaik yang dipercaya membawa baki sang Saka Merah Putih saat upacara pengibaran bendera merah putih di Hari Ulang Tahun(HUT) ke-78 Republik Indonesia. 

Hafizah 16 tahun anak pasangan dari bapak Arsani dengan ibu Sarifah siswi MAN 2 Balangan untuk pembawa baki bendera pusaka upacara pagi dan Martsa Sri Afifah 16 tahun anak dari bapak Sumpono dengan ibu Misriati juga merupakan siswi MAN 2 Balangan untuk pembawa baki upacara penurunan bendera sore.

Hafizah dan Martsa mengungkapkan kebanggaannya karena beruntung mendapat kesempatan sebagai pembawa baki Sang Saka Merah Putih.


“Kami sangat senang bisa terpilih menjadi pembawa baki, ini merupakan tanggung jawab yang luar biasa besarnya dan posisi ini sangat diidamkan semua Paskibraka, makanya kami berdua bangga sekali,” katanya, usai upacara bendera pagi, Kamis (17/8/2023)


Mereka menceritakan bahwa menjadi Paskibraka sudah diimpikannya sejak kecil karena tertarik di bidang baris berbaris, mereka selama 20 hari dikarantina terus dilatih oleh instruktur berpengalaman. 

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah melatih kami baik persiapan mental dan latihan fisik seperti push up, sit up, lari untuk pemanasan serta latihan khusus yang wajib rutin dilakukan, agar tangan kami kuat ketika menyangga baki,”ucapnya.

Untuk menjaga stamina, mereka berdua juga rutin diberikan vitamin, makan teratur dan minum jamu selama karantina. 

Sementara itu, Plt Kepala Disporapar Balangan Bambang Mulyadi ,ST, MT mengatakan, latihan fisik telah dilakukan selama 20 hari serta  persiapan mental dan doa bersama sebelum pelaksanaan.

“Alhamdulillah adik-adik anggota Paskibraka kabupaten Balangan yang terpilih dari jenjang SLTA di Balangan berhasil menjalankan tugas dengan baik dan lancar,” tukasnya.(rza/akh)

Lebih baru Lebih lama