Abdul Hadi dan Anggota DPRD Balangan Resmi Buka MTQN ke 16 Tingkat Kabupaten

PEMBUKAAN: Bupati Balangan bersama Ketua dan anggota DPRD Balangan - Foto Dok 


HABARDIGITAL.COM, BALANGAN - Bupati Balangan H Abdul Hadi Resmi membuka MTQ Nasional ke 16 Tingkat Kabupaten Balangan yang dilaksanakan di Kecamatan Tebing Tinggi, Sabtu (19/8/2023).

Dalam sambutannya Abdul Hadi mengatakan, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membuktikan ajaran Al-Qur'an serta menegakkan Syiar Islam untuk memperkokoh nilai nilai-nilai agama dan dalam sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa. 


"Bagi kaum muslimin Al-Qur'an merupakan sumber petunjuk dan pedoman yang selalu aktual sepanjang masa berisi nilai nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia. Al-Qur'an mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan," kata Bupati Balangan.


Dalam menjalankan Al Quran tentu harus meneladani Nabi besar Muhammad SAW . Kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur'an. Menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang menyakiti sesama. 

"Kegiatan MTQ ini akan tampil qori dan qoriah serta hafiz hafizah terbaik di kecamatan masing-masing. Generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat. Berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul yang kompetitif, yang berkarakter islami sebagai mana akhlak Rasulullah," tuturnya.

Menurutnya, bahkan MTQ bukan semata mata wadah untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, tetapi juga merupakan jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur'an.

Untuk Meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka dan yang juga sangat penting sebagai dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin.

Pihaknya yakin dengan pemahaman keislaman yang semakin baik, bukan hanya akan memperkuat jati diri seorang muslim dan muslimah, tetapi juga memperkokoh semangat ukhuwah seperti yang diajarkan oleh baginda Rasulullah. 

"Saya juga yakin dengan pertolongan Allah dan impian kita bersama kita akan mampu membangun desa menata kota menuju Balangan yang lebih maju dan lebih sejahtera," pungkasnya.(rza/ak)

Lebih baru Lebih lama