Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Jadi Pembicara di Kegiatan DP3A

BERDIALOG: Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir menyampaikan materinya - Foto Dok

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin menggelar kegiatan seminar dengan tema 'Pengarustamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik'.

Hadir sebagai narasumber yaitu Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Banjarmasin dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  Saut Nathan Samosir sekaligus salah satu pengusaha sukses ekspedisi Lintas Jawa Group.

BACA JUGA: Kolaborasi Bersama Polda Kalsel, IWAPI Salurkan Bantuan Modal Usaha

Sesuai dengan UU RI NO. 39 tahun 1999 Keterwakilan perempuan di badan legislatif, dan keterwakilan tersebut menyertakan minimal 30% perempuan pada kepengurusan parpol pusat yang merupakan syarat parpol jadi peserta pemilu sebagaimana diatur dalam pasal 173 (2) huruf E UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Dalam paparannya, politisi PDIP ini mengatakan agar para perempuan ikut berperan di tengah masyarakat, termasuk di jalur politik. Karena menurutnya, suara perempuan bisa menjadi unsur yang penting dalam menindaklanjuti aspirasi rakyat.


“Selama saya 4 tahun di DPRD Kota Banjarmasin, melihat dengan adanya perempuan itu, banyak hal yang bisa kita dapatkan, karena masukan-masukan atau gaya mereka untuk berpolitik berbeda dengan laki-laki,” ujar Samosir, di Aula Asrama Badan Kepegawaian Daerah, Pendidikan, dan Pelatihan, Kompleks Kayutangi 2, Selasa (18/7/2023).


Mendapat gambaran tersebut, para peserta pun tercerahkan, yang berharap bisa menapaki langkah dari arahan-arahan yang disampaikan para narasumber.

“Alhamdulillah banyak mendapat ilmu, berkesan banget untuk ke depannya,” ungkap Sofia Maulida sebagai perwakilan Karang Taruna Kelurahan Alalak Tengah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

BACA JUGA: UPZ Bank Kalsel Serahkan Bantuan Korban Kebakaran GG Indrapura II

FOTO BERSAMA: Seluruh peserta melakukan foto bersama narasumber - Foto Dok

Sementara itu, Kabid Perlindungan Khusus Anak DP3A Rusmadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu program wajib yang digalakkan pihaknya.

“Lewat acara ini diharapkan perempuan-perempuan di Banjarmasin terlibat dalam pembangunan, baik sebagai legislatif, eksekutif, yudikatif,” tambahnya.

Selain dari wakil rakyat dan DP3A, narasumber lainnya juga didatangkan dari dosen perempuan bidang politik Universitas Lambung Mangkurat (ULM).(fs/ak)

Lebih baru Lebih lama