Gempa Guncang Bantul, Terasa Hingga Jakarta

BMKG:  gempa bumi terletak pada koordinat 8,63 lintang selatan dan 110,80 bujur timur, atau tepatnya 86 km barat daya Bantul berlokasi di laut pada kedalaman 25 km - Foto Net


HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tektonik berkekuatan magnitudo 6,4 mengguncang Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada pukul 19.57 WIB, Jumat (30/6/23).

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,63 lintang selatan dan 110,80 bujur timur, atau tepatnya 86 km barat daya Bantul berlokasi di laut pada kedalaman 25 km.

Disebutkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara, dari informasi yang dibagikan netizen, gempa ini dirasakan hingga Jakarta.

BACA JUGA: Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur Berkeping-keping, 5 Penumpang Tewas

BMKG mengimbau agar warga berhati-hati terhadap kemungkinan gempa susulan.

Sejumlah bangunan dilaporkan mengalami kerusakan, di antaranya di Kabupaten Kulonprogo. 

Komandan TRC BPBD Kulonprogo, Sunardi mengatakan gempa yang terjadi menyebabkan empat bangunan di empat kalurahan rusak.


“Ada empat bangunan di empat kalurahan yang rusak seperti di Brosot, Giripeni, Banjararum, dan Bumirejo,” kata Sunardi dihubungi pada Jumat (30/6/2023).


Sunardi menambahkan di Brosot, Kapanewon Galur, tepatnya di Dusun Kutan, terdapat sebuah rumah milik Isro yang mengalami retak tembok. Lalu, di Perumahan Persada Giripeni, Kapanewon Wates, juga terdapat rumah dengan tembok retak milik Tomotius.

“Di Padukuhan Ngipikrejo, Banjararum, Kapanewon Kalibawang ada juga tembok retak ditambah genting yang melorot,” katanya.

BACA JUGA: AWAS Kabut Asap! Dinkes Kalsel Imbau Warga Gunakan Masker

Satu bangunan lain yang juga terdampak gempa terkini Bantul adalah di RSU Rizki Amalia Medika dengan kerusakan tembok keramik pecah dan rontok. Selain itu dua travo konslet yaitu di timur Stadion Cangkring dan di Kriyan, Karangwuni, Kapanewon Wates.(net/akh)

Lebih baru Lebih lama