Jokowi: Buat Saya G20 Harus Berhasil, Tak Boleh Gagal!

SAMBUTAN: Presiden RI Jokowi saat membuka secara resmi gelaran KTT G20 - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyadari KTT G20 saat ini menjadi perhatian dunia. Dia berharap dapat menghasilkan keberhasilan dalam penyelenggaraannya.

 

"Hari ini mata dunia tertuju pada pertemuan kita. Apakah kita akan mencetak keberhasilan? Atau akan menambah satu lagi angka kegagalan? Buat saya, G20 harus berhasil dan tidak boleh gagal," kata Presiden saat membuka KTT G20 di Bali, disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/11/2022).


Meski begitu, Jokowi mengatakan bahwa saat ini dunia sedang mengalami tantangan yang luar biasa. Krisis demi krisis terjadi dan Pandemi Covid-19 belum usai. Namun rivalitas terus menajam, perang pun terjadi.

"Dampak berbagai krisis tersebut terhadap ketahanan pangan, energi, dan keuangan sangat dirasakan dunia terutama negara berkembang," jelasnya.

Sebagai presiden G20, kata Jokowi, Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin untuk menjembatani perbedaan yang sangat dalam, yang sangat lebar.

"Namun, keberhasilan hanya akan dapat tercapai jika kita semua, tanpa terkecuali, berkomitmen, bekerja keras, menyisihkan perbedaan-perbedaan untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, sesuatu yang bermanfaat bagi dunia," kata Jokowi. (okezone/fsl)

Lebih baru Lebih lama