Setelah 50 Tahun, Kalsel Kembali Menjadi Tuan Rumah MTQ Nasional XXIX 2022

SAMBUTAN: Wapres RI Maruf Amin menyampaikan sambutannya di pembukaan MTQ Nasional ke- XXIX Kalsel - Foto Net

HABARDIGITAL.COM, BANJARBARU - Wakil Presiden Maruf Amin resmi membuka MTQ Nasional ke-XXIX Kalimantan Selatan di Kiram Astaka Utama, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada Rabu (12/10/2022) malam.

Perhelatan yang digeber pada 10-19 Oktober 2022 dipusatkan tiga lokasi dengan 12 venue tersebar di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Sejumlah rangkaian kegiatan menarik turut meriahkan pembukaan event nasional tahunan yang setelah 50 tahun lalu atau tepatnya tahun 1970 kembali ke Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah.

Lantunan shalawat membahana di Bumi Lambung Mangkurat, gemerlap ratusan cahaya lampu turut lengkapi kemeriahan pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX.

Bak tersihir, ribuan pasang mata yang menyaksikan langsung terhanyut dalam kidung sari tilawah para kafilah MTQ XXIX di Kalsel Babussalam. 

Dalam sambutannya, Wakil Presiden mengatakan bahwa Al-Qur’an harus menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan. Maruf juga menilai Al Quran dapat menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.


"Al Qur’an harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus menjadi solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa," ujarnya kala memberikan sambutan dalam upacara pembukaan. 


Wakil Presiden berharap kegiatan MTQ tidak semata-mata ajang perlombaan tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an, sehingga dapat meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka.

"Saya mengharapkan MTQ tidak semata-mata wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an, tetapi juga mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al-Qur’an. MTQ diharapkan meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, selain juga sebagai bentuk dakwah untuk menyempurnakan akhlak kaum muslimin dan muslimah," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan, MTQ Nasional XXIX 2022 ini tidak hanya sukses secara penyelenggaraannya. Namun, kata dia, juga semakin memupuk ketakwaan dan Keislaman seluruh umat muslim di Indonesia.

"Bagi masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memegang tanggung jawab besar dalam menyukseskan MTQ. Baik sukses dari sisi penyelenggaraan dan prestasi bagi Kalimantan Selatan dan Indonesia. Lebih dari itu, tentu substansi dan makna MTQ di Provinsi Kalimantan Selatan kiranya menggerakkan seluruh umat Islam untuk lebih mencintai Islam,” tuturnya.

Sebagai informasi, MTQ Tingkat Nasional ke-XXIX Tahun 2022 diikuti 1.676 peserta (34 provinsi). Jumlah peserta tersebut akan mengikuti 8 cabang lomba. Kedelapan cabang lomba tersebut adalah cabang Seni Baca Al-Qur’an, Hafalan Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an, Syarhil Qur’an, Kaligrafi, Qiraat Al Qur’an, Fahmil Qur’an dan cabang Karya Tulis Al-Qur’an (KTIQ).

Selain Gubernur Sahbirin Noor, turut hadir Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, para gubernur se-Indonesia, tokoh agama tokoh masyarakat, baik yang hadir secara luring maupun daring. (net/fsl)

Lebih baru Lebih lama