Porwarnas XIII di Jatim, SIWO PWI Kalsel Gelar Seleksi Futsal Terbuka

PELATIH: Edi Susanto siap memilih pemain futsal yang mumpuni - Foto Dok

HABARDIGITAL.COM, BANJARMASIN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel dipastikan mengikuti cabang olahraga (Cabor) futsal kategori usia 27 tahun ke atas dan usia 40 tahun ke atas pada ajang Porwanas XIII Malang-Jawa Timur yang dihelat November 2022 mendatang.

Sebelum turun pada ajang bergengsi antar wartawan se Indonesia tersebut, Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel lebih dulu menggelar seleksi pemain.

Seleksi diperlukan guna mencari talenta terbaik yang dimiliki PWI Kalsel. Selain itu, seleksi diperlukan karena PWI Kalsel hanya mengirimkan 11 atlet untuk masing-masing kategori usia. Saat ini tercatat sekitar 35 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon atlet kepada masing-masing koordinator futsal dua kategori usia .

Setelah melakukan berbagai persiapan, SIWO PWI Kalsel menetapkan waktu pelaksanaan seleksi bagi atlet tersebut. Rencananya, seleksi akan digelar dua hari dipantau langsung oleh Edy Susanto yang didapuk sebagai pelatih kepala.

“Seleksi hari pertama akan dilaksanakan pada Sabtu (24/9/2022) di lapangan Upik Futsal Banjarmasin dimulai dari pukul 09.00-11.00 Wita. Seleksi hari kedua, kita gelar di lapangan Borneo Futsal Banjarmasin mulai pukul 10.00-12.00 Wita,” kata Ketua SIWO PWI Kalsel, Irwansyah, Kamis (22/9/2022).


Pelaksanaan seleksi terbuka itu, lanjut pria yang akrab disapa Iwan ini, sudah diberitahukan kepada seluruh wartawan di Kalsel.

“Seleksi ini terbuka bagi semua wartawan di Kalsel sepanjang memenuhi syarat sebagai calon atlet, makanya kita kirim surat kepada masing-masing desk liputan maupun PWI kabupaten kota. Siapa tahu masih ada yang belum mendaftar dan ingin mengikuti seleksi,” ucapnya.

Ia menyebut seleksi tersebut sangat penting untuk membentuk tim futsal yang berkualitas. Porwanas merupakan ajang nasional dan persaingan dengan daerah lain sangat ketat, sehingga diperlukan tim yang mumpuni.

“Oleh karena itu kami gelar seleksi. Siapapun wartawan yang merasa punya kemampuan dan bakat bermain futsal silakan mengikuti seleksi. Dengan catatan sepanjang memenuhi syarat, yaitu usia di atas 27 tahun, mempunyai kartu anggota biasa PWI (kartu biru) yang masih berlaku, dan sudah lulus UKW (uji kompetensi wartawan). Semua persyaratan itu ditetapkan PB Porwanas bukan kami yang menentukan, sehingga tidak ada tawar menawar terkait kelengkapan administrasi,’’ bebernya.

Ditanya langkah selanjutnya pasca seleksi, Iwan menjelaskan, terlebih dulu akan berkoordinasi dengan pelatih.

“Setelah seleksi nanti, akan ditetapkan atlet-atlet yang terpilih. Kemudian akan disusun kembali jadwal latihan selanjutnya,” jelasnya. (net/fsl)

Lebih baru Lebih lama